PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN (DPTM) DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN WHITEBOARD TECHNIQUES PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 5 PADANG

  • Julian Berlin Roland Tobing Universitas Negeri Padang
  • Delima Yanti Sari Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
  • Mulianti Mulianti Universitas Negeri Padang
Keywords: Penerapan, Peningkatan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Whiteboard Techniques, Tindakan Kelas

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang efektif sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dalam suatu pembelajaran. Penelitian ini dilakukan terkait dengan penerapan model pembelajaran Whiteboard Techniques pada mata diklat Dasar Perancangan Teknik Mesin. Tujuan diterapkannya model pembelajaran ini adalah apakah model pembelajaran Whiteboard Techniques dapat meningkatkan hasil belajar dari mata diklat Dasar Perancangan Teknik Mesin di SMK Negeri 5 Padang. Hal ini dilakukan karena proses pembelajaran yang diterapkan masih menerapkan metode konvensional berupa metode ceramah. Metode pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research. Penelitian ini diterapkan pada 2 lokal kelas X Jurusan Teknik Mesin, yang nantinya hasil penelitian tersebut akan dibandingkan. Kelas pertama akan dijadikan kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Whiteboard Techniques dan kelas kedua akan dijadikan kelas kontrol yang diterapkan metode ceramah. Penelitian terdiri dari 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan setiap kelasnya. Hasil penelitian mengungkapkan, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 77,46 menjadi 82,28. Sedangkan, rata-rata hasil belajar kelas kontrol hanya mencapai 76,29 dan 77,12 pada kedua siklusnya. Hasil tersebut menjelaskan bahwa model pembelajaran Whiteboard Techniques pada mata diklat Dasar Perancangan Teknik Mesin di SMK Negeri 5 Padang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Submitted

2020-08-11
Accepted
2020-08-19
Published
2020-08-03
How to Cite
[1]
J. B. Roland Tobing, D. Sari, R. Rifelino, and M. Mulianti, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN (DPTM) DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN WHITEBOARD TECHNIQUES PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 5 PADANG”, Vomek, vol. 2, no. 3, pp. 18-23, Aug. 2020.