PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LAS OKSI-ASETILEN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMK JURUSAN TEKNIK LAS.

  • Deno Rahmat Dian Universitas Negeri Padang
  • Jasman Jasman Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
  • Junil Adri Universitas Negeri Padang
Keywords: Penerapan, Multimedia Interaktif, Macromedia Flash, Hasil Belajar, Las Oksi-Asetilen

Abstract

Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Las Oksi-Asetilen masih rendah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Las Oksi-Asetilen di SMK N 2 Payakumbuh. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain eksperimen semu (quasi experiment design). Desain eksperimen ini mempunyai kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Bentuk desain eksperimen semu yang digunakan adalah randomized posttest only controlgroup design. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 6 januari s/d 30 Januari 2019 di SMK Negeri 2 Payakumbuh semester genap tahun ajaran 2019/2020. Dalam pelaksanaan penelitian dilakukan 2 kali tatap muka dengan durasi waktu 6 x 45 menit per tatap muka dengan jumlah siswa kelas XI Las 2 berjumlah 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian Hasil belajar siswa kelas eksperimen (XI Las 2A) yang menggunakan media interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol (XI Las 2B) yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar kelas XI Las 2A sebesar 81 dan kelas XI Las 2B sebesar 75.Berdasarkan  hasil Uji Efektivitas ketuntasan klasikal siswa pada kelas eksperimen setelah menggunakan model penerapan media interaktif  yaitu 79 %. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran menggunakan media interaktif terhadap hasil belajar Las Oksi-Asitilen pada siswa kelas XI Las SMK Negeri 2 Payakumbuh semester genap tahun ajaran 2019/2020, dengan kesimpulan pembelajaran dengan media interaktif efektif untuk digunakan pada mata pelajaran las oksi-asetilen.

Submitted

2020-08-13
Accepted
2020-11-13
Published
2020-11-16
How to Cite
[1]
D. Dian, J. Jasman, I. Irzal, and J. Adri, “PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LAS OKSI-ASETILEN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMK JURUSAN TEKNIK LAS.”, Vomek, vol. 2, no. 4, pp. 117-121, Nov. 2020.