HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DENGAN KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI SE-KOTA PADANG

  • Syaiful Salim Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal A Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Yolli Fernanda Universitas Negeri Padang

Abstract

Siswa belum mampu menerapkan apa yang dipelajari disekolah pada tempat siswa tersebut melaksanakan Praktek Kerja Industri. Dunia kerja kurang percaya memberikan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri sebagaimana mestinya. Serta Praktek Kerja Industri belum terlaksana sesuai dengan tujuannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Praktek Kerja Industri dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri Se-Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah  kuantitatif korelasional yaitu untuk menentukan tingkat hubungan variabel yang berbeda bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan variabel (X) dengan variabel (Y). Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni pada siswa Jurusan Teknik Pemesinan di SMKN 1 Sumbar, SMKN 1 Padang dan SMKN 5 Padang dengan jumlah populasi 166 siswa.  Teknik sampling yang dipakai adalah random sampling sejumlah 117 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 117 siswa terdapat hubungan antara Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Praktek Kerja Industri dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri Se-Kota Padang dengan nilai korelasi (r) atau r hitung sebesar 0.420 > 0.182  r tabel.

Submitted

2020-08-26
Accepted
2020-09-16
Published
2020-08-03
How to Cite
[1]
S. Salim, Y. A, A. Ambiyar, and Y. Fernanda, “HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DENGAN KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI SE-KOTA PADANG”, Vomek, vol. 2, no. 3, pp. 30-36, Aug. 2020.