HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS BELAJAR PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 PARIAMAN

  • Billyano Eko Pratama Uneversitas negeri padang
  • Yufrizal A Universitas Negeri Padang
  • Mulianti Mulianti Universitas Negeri Padang
  • Waskito Waskito Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi Siswa, Sarana Belajar, Gambar Teknik, Hasil Belajar.

Abstract

Masih belum maksimalnya hasil belajar siswa yang diduga adanya masalah yang berhubungan pada persepsi siswa tentang fasilitas belajar mata diklat gambar teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang fasilitas belajar dengan Hasil belajar pada mata diklat Gambar Teknik Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Pariaman. Populasi dari penelitian ini berjumlah 60 siswa di SMK Negeri 1 Pariaman. Diambil sampel dari populasi pada setiap kelas dengan mengunakan rumus Slovin di dapat sampel sebanyak 40 siswa. Data pada penelitian ini diambil dengan menyebarkan angket model likert Scale pada siswa yang telah di uji validitas dan reabilitasnya. Selanjutnya data tersebut di analisis secara statistik dengan bantuan komputer program SPSS versi 25.00 for windows. Dari hasil penelitian diketahui tidak terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang fasilitas belajar dengan hasil belajar pada mata diklat Gambar Teknik Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Pariaman. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai r hitung = 0,219<0,263, maka berdasarkan tabel pedoman interprestasi koefesien kolerasi maka dikategorikan“rendah”.

Submitted

2020-09-22
Accepted
2020-10-14
Published
2020-11-16
How to Cite
[1]
B. Pratama, Y. A, M. Mulianti, and W. Waskito, “HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS BELAJAR PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 PARIAMAN”, Vomek, vol. 2, no. 4, pp. 1-7, Nov. 2020.