IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM MATAKULIAH TEKNOLOGI PEMESINAN

  • Yurika Putri Universitas Negeri Padang
  • Arwizet K Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi, Mahasiswa, Penggunaan Augmented Reality, Teknik Mesin FT-UNP

Abstract

Wawancara yang penulis lakukan dengan salah satu dosen pengampu mata kuliah teknologi pemesinan di jurusan teknik mesin FT-UNP diperoleh informasi bahwa masih terdapat keterbatasan penguasaan ilmu pengetahuan mahasiswa ketika menghadapi proses belajar mengajar yang cendrung kepada ceramah sehingga menyebabkan ketidakpahaman mahasiswa pada saat praktek berlangsung. Media pembelajaran yang kurang menarik menyebabkan terjadinya kegagalan terhadap penyampaian materi sehingga mengurangi minat belajar mahasiswa.Kurangnya partisipasi mahasiswa dalam belajar menyebabkan nilai yang diraih tidak maksimal.Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa S1 angkatan 2016 terhadap penggunaan Augmented Reality (AR) pada mata kuliah teknologi pemesinan di jurusan teknik mesin FT-UNP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan mendeskripsikan sesuai fakta dan sifat dari populasi tertentu dengan jumlah populasi 80 siswa.  Teknik sampling yang dipakai adalah random sampling sejumlah 44 siswa. Hasil penelitian yangdilakukan pada 44 siswa diperoleh nilai pencapaian responden sebesar 88.82%. Maka hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Augmented Reality dalam proses pembelajaran khususnya mata kuliah teknologi pemesinan termasuk dalam kategori Baik.

Submitted

2020-09-23
Accepted
2020-10-21
Published
2020-11-16
How to Cite
[1]
Y. Putri, A. K, P. Purwantono, and A. Ambiyar, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM MATAKULIAH TEKNOLOGI PEMESINAN”, Vomek, vol. 2, no. 4, pp. 26-32, Nov. 2020.