PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM MATERI PEMBUBUTAN ULIR KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 TANJUNG RAYA
Abstract
Terlaksananya proses pembelajaran disekolah tidak lepas dari penggunan media pembelajaran sebagai alat interaksi antara siswa dan guru. Salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan yaitu Modul. Pengembangan modul untuk pembelajaran sangat efektif di gunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Ketersediaan modul yang sangat minim membuat siswa susah mencari pedoman sewaktu belajar terutama pada mata pelajaran Teknik pemesinan bubut dengan materi pembuatan ulir khususnya ulir segitiga, sehingga banyak siswa yang kurang mampu dalam pembuatan ulir segitiga. Maka dari itu perlu adanya pengembangan modul khusunya pada pembuatan ulir segita guna meningkatkan kemampuan siswa saat melakukan pratikum pembuatan ulir. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pratikum sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Pemesina Bubut khususnya Pembuatan Ulir segitiga. Penelitian ini menggunakan metode Rnd (research and development) yang mengadopsi model 4-D (Four D Models) dengan beberapa tahap yang pertama pendefinisian kemudian dilanjutkan dengan tahap pembuatan desain tampilan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Modul praktikum yang di buat untuk pembelajaran pembuatan Ulir Segitiga mendapatkan penilaian sangat layak dari beberapa validasi diantaranya ahli materi dan ahli media. Berdasarkan pendapat guru Modul yang dikembangakan masuk kedalam kategori sangat layak. Kesimpulan dari riset ini bahwa modul praktikum ini layak di gunakan di SMK Negeri 1 Tanjung Raya sebagai bahan tambahan yang dapat digunakan untuk belajar mengajar.