PENGARUH PENGALAMAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMKN 1 KECAMATAN GUGUAK

  • Dini Huddia Universitas Negeri Padang
  • Hasanuddin Hasanuddin Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal A Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang

Abstract

Keahlian yang didapatkan pada pendidikan formal diantaranya didapatkan di sekolah-sekolah baik SMA (Sekolah Menengah Atas) atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan perguruan tinggi, sedangkan keahlian yang didapatkan dari pendidikan nonformal diantaranya didapatkan melalui kursus-kursus keahlian yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pendidikan, bahkan pengalaman kerja seseorang yang didapatkan secara langsung dari dunia usaha, yang kesemua itu bertujuan untuk mendapatkan keahlian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara pengalaman praktek kerja industri dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa SMK N 1 Kecamatan Guguak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-Agustus 2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 siswa dimana 20 siswa dijadikan sampel uji coba. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman praktek kerja industri dan lingkungan keluarga dengan minat berwirausaha siswa dengan (P value 0,0005 < α 0,05).                                                                                                                                                

Submitted

2020-10-05
Accepted
2020-10-17
Published
2020-11-16
How to Cite
[1]
D. Huddia, H. Hasanuddin, Y. A, and I. Irzal, “PENGARUH PENGALAMAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMKN 1 KECAMATAN GUGUAK”, Vomek, vol. 2, no. 4, pp. 19-25, Nov. 2020.