PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN (DPTM) DI SMK NEGERI 1 SUMBAR

  • Oki Darwis Prima Putra Universitas Negeri Padang
  • Mulianti Mulianti Universitas Negeri Padang
  • Refdinal Refdinal Universitas Negeri Padang
  • Delima Yanti Sari Universitas Negeri Padang

Abstract

Hasil belajar siswa belum tercapai secara maksimal dan tidak semua guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi, serta kurang lengkapnya buku penunjang dalam mata pelajaran DPTM. Siswa belum mampu memanfaatkan fasilitas belajar dengan baik, dan juga kurangnya kesiapan siswa dalam menerima materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa, mendeskripsikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, mendeskripsikan kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa  pada mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin (DPTM) di SMK N 1 Sumbar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non eksperimen yang berarti penelitian ini tidak mengadakan perlakuan terhadap subjek penelitian melainkan mengkaji fakta-fakta yang telah terjadi dan dialami oleh sasaran penelitian. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif karena ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif karena penulis akan meneliti variabel yang sudah ada dan tidak memanipulasi variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan teknik pemesinan SMK N 1 Sumbar yang berjumlah 71 orang, penelitian ini menggunakan penelitian populasi yaitu semua yang terdapat dalam populasi dijadikan sampel.

Submitted

2020-10-15
Accepted
2020-11-11
Published
2020-11-16
How to Cite
[1]
O. Prima Putra, M. Mulianti, R. Refdinal, and D. Sari, “PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN (DPTM) DI SMK NEGERI 1 SUMBAR”, Vomek, vol. 2, no. 4, pp. 112-116, Nov. 2020.