HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI PENGELASAN LOGAM MAHASISWA DIPLOMA III JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Abstract
Motivasi belajar adalah dorongan yang timbul dari dalam diri siswa (intrinsik) dan dari luar diri siswa
(ekstrinsik) untuk melakukan sesuatu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil
belajar mata kuliah Teknik Pengelasan Logam pada mahasiswa diploma III Universitas Negeri
Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang motivasi dan hasil belajar
serta melihat korelasi motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kuantitatif korelasional untuk melihat hubungan antara motivasi belajar dengan
hasil belajar. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa diploma III jurusan Teknik Mesin
Universitas Negeri Padang angkatan 2017 sebanyak 70 orang mahasiswa. Sampel yang digunakan
untuk penelitian ini adalah sebanyak 50. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket
penelitian. Pengolahan data menggunakan bantuan dari program excel dan SPSS versi 24.0.
Berdasarkan penelitian, didapatkan bahwa motivasi belajar mahasiswa diploma III jurusan Teknik
Mesin UNP tergolong cukup baik, ini terlihat dari tingkat pencapaian masing-masing indikator
motivasi belajar yaitu: Bersemangat dan bekerja keras agar berhasil dengan baik sebesar 78.08%
(kategori cukup), berusaha menghindari kegagalan 82.04% (kategori baik), berpresepsi baik terhadap
teman yang lebih baik 82.04% (kategori baik), memperhatikan dengan baik terhadap pelajaran yang
diberikan 84.73% (kategori baik). Hasil penelitian, diperoleh harga koefesien korelasi sebesar 0.843
artinya terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar pada
mata kuliah teknologi pengelasan logam mahasiswa diploma III jurusan Teknik Mesin Universitas
Negeri Padang, dengan kategori interpretasi koefisien korelasi tinggi.