PENGARUH SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN KELAS XI JURUSAN TEKNIK MEKANIK INDUSTRI DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN
Abstract
Masih kurang maksimal nya hasil belajar siswa yang dapat dilihat ada nya pengaruh sikap belajar. Sikap belajar siswa harus di perhatikan oleh guru, serta kepala sekolah untuk menunjang dunia pendidikan yang berkarakter bagus, jika sikap belajar siswa baik maka nanti hasil nya akan bisa baik juga, sikap belajar siswa merupakan salah satu faktor internal yang berada pada setiap diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin kelas XI jurusan teknik mekanik industri di SMK Negeri 1 Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif korelasional jenis pendekatan ini yang dapat diukur (dihitung) secara langsung. Pendekatan korelasional yaitu mengetahui pengaruh 2 variabel. Penelitian dilakukan dibulan september sampai oktober pada siswa jurusan teknik mekanik industri kelas XI dengan jumlah populasi 66 siswa.teknik sampling yang dipakai adalah random sampling sejumlah 40 siswa. Data ini diambil dengan menyebarkan angket model likert scale setelah melakukan uji validitas dan reabilitas menggunakan SPSS versi.16. Berdasarkan hasil penelitian pada 66 siswa diperoleh nilai korelasi (r) atau rhitung sebesar 0.297<0.3297 rtabel. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan sikap belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik kelas XI jurusan teknik mekanik industri di SMK Negeri 1 Pariaman, berdasarkan pedoman tabel interprestasi koefisien korelasi dalam kategori rendah.