PROGRAM PENYAMAAN MAHASISWA EX SMA DAN EX SMK TAHUN MASUK 2017 PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN CNC DI JURUSAN TEKNIK MESIN FT-UNP

  • Dayat Ivo Jumadi Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal A Universitas Negeri Padang
  • Rodesri Mulyadi Universitas Negeri Padang

Abstract

Nilai mahasiswa lulusan SMK dan SMA masih rendah pada Matakuliah pemrograman CNC. Mahasiswa kesulitan dalam pengoperasian mesin CNC di laboratorium CNC. Munculnya anggapan bahwa mahasiswa yang berasal dari SMK di jurusan teknik mesin dalam Matakuliah Pemrogaman CNC memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan mahasiswa yang berasal dari SMA. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar mahasiswa berdasarkan asal sekolah SMA dan SMK tahun masuk 2017 pada Matakuliah Pemrogaman CNC Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FT-UNP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah causal comparative. Causal comparative merupakan jenis penelitian yang digunakan untuk membandingkan antara dua kelompok atau lebih dari suatu variabel tertentu.  Populasi dalam penelitian ini mengambil seluruh mahasiswa berdasarkan asal sekolah SMA dan SMK program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin pada tahun masuk 2017 yang berjumlah 111 orang. Sampel pada penelitian ini yaitu 8 orang mahasiswa yang berasal dari SMA dan 8 orang mahasiswa yang berasal dari SMK. Hasil uji independen T test diperoleh nilai Sig sebesar 0.554 > 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbandingan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa Ex SMK dan Ex SMA tahun masuk 2017 pada Matakuliah Pemrograman CNC di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP.

Submitted

2020-10-21
Accepted
2020-11-06
Published
2020-11-16
How to Cite
[1]
D. Jumadi, I. Irzal, Y. A, and R. Mulyadi, “PROGRAM PENYAMAAN MAHASISWA EX SMA DAN EX SMK TAHUN MASUK 2017 PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN CNC DI JURUSAN TEKNIK MESIN FT-UNP”, Vomek, vol. 2, no. 4, pp. 88-93, Nov. 2020.