PENGGUNAAN MODUL PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X SMK NEGERI 5 PADANG

  • Fajero Tiffano Universitas Negeri Padang
  • Refdinal Refdinal Universitas Negeri Padang
  • Abdul Aziz Universitas Negeri Padang
  • Delima Yanti Sari Universitas Negeri Padang

Abstract

Masih terbatasnya bahan pembelajaran modul sebagai pegangan siswa dalam belajar mandiri. Tingkat pemahaman siswa yang bervariasi membutuhkan penjelasan yang lebih, sehingga guru membutuhkan tenaga tambahan untuk mengajar agar siswa lebih mudah memahami. Partisipasi siswa kurang saat proses pembelajaran daring disebabkan media penyimpanan materi kurang efektif. Tujian penelitian ini untuk menghasilkan modul pembelajaran pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin yang valid, praktis dan layak digunakan di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Padang.  Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian dan pengembangan atau research & development. Penelitian ini termasuk kepada penelitian yang menghasilkan produk baru dalam suatu system pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Padang Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan pada semester Juli – Desember Tahun 2020 dengan subjek pada penelitian ini yaitu 34 siswa. Hasil Penelitian validasi penggunaan modul oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 90.6% termasuk kedalam kategori sangat valid. Hasil Validasi oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 87.60% termasuk ke dalam kategori sangat valid. Hasil praktisitas modul oleh guru diperoleh persentase sebesar 94% termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Hasil praktisitas modul oleh siswa diperoleh persentase sebesar 94% termasuk ke dalam kategori “sangat praktis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu modul yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai modul pembelajaran.

Submitted

2020-10-27
Accepted
2020-11-18
Published
2020-11-16
How to Cite
[1]
F. Tiffano, R. Refdinal, A. Aziz, and D. Sari, “PENGGUNAAN MODUL PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X SMK NEGERI 5 PADANG”, Vomek, vol. 2, no. 4, pp. 135-140, Nov. 2020.