MENINGKATKAN EFISIENSI KINERJA PETANI MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA PADA ALAT MULTIFUNGSI PENGUPAS KULIT JAGUNG, PEMIPIL BIJI JAGUNG DAN PENCACAH TONGKOL JAGUNG

  • Suparno Suparno Universitas Negeri Padang
  • Arwizet K Universitas Negeri Padang

Abstract

Sebagian warga masyarakat Kanagarian Padang Belimbing Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok Sumatera Barat berada di lereng bukit barisan merupakan petani jagung. Banyak permasalahan menyangkut dengan pengolahan jagung. Petani kesulitan ketika memanen hasil pertanian. Proses petani sebelum dijual adalah pengambilan buah jagung, pengupasan kulit jagung, pemipilan biji jagung dan pencacaham tongkol jagung untuk makanan ternak.Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyediakan mesin kupas kulit jagung dan pemipil biji jagung serta pencacah tongkol jagung untuk meringankan pekerjaan petani jagung dan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat petani jagung. Metode yang digunakan adalah pengembangan teknologi tepat guna. Kegiatan ini dilaksanakan melalui dua tahap, yaitu: tahap pertama, observasi dengan melakukan metode pengumpulan data dokumentasi dan diskusi dengan tokoh masyarakat sebagai stakeholder. Hal ini bertujuan untuk memperoleh informasi kondisi real masyarakat petani jagung. Tahap kedua adalah tahap pengembangan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami petani padi melalui perancangan dan pembuatan mesin kupas kulit jagung dan pemipil biji jagung serta pencacah tongkol jagung serta mengadakan pelatihan pengoperasian mesin kupas kulit jagung dan pemipil biji jagung serta pencacah tongkol jagung. Hasil luaran utama yang dicapai dalam program ini adalah tersedianya mesin kupas kulit jagung dan pemipil biji jagung serta pencacah tongkol jagung. Hasil lain dari program ini adalah peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang teknologi mesin kupas kulit jagung dan pemipil biji jagung serta pencacah tongkol jagung serta meningkatkan taraf hidup masyarakat Kanagarian Padang Belimbing Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok Sumatera Barat.

Submitted

2020-11-02
Accepted
2020-11-02
Published
2020-11-16
How to Cite
[1]
S. Suparno and A. K, “MENINGKATKAN EFISIENSI KINERJA PETANI MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA PADA ALAT MULTIFUNGSI PENGUPAS KULIT JAGUNG, PEMIPIL BIJI JAGUNG DAN PENCACAH TONGKOL JAGUNG”, Vomek, vol. 2, no. 4, pp. 61-66, Nov. 2020.