IMPROVING THE EFFICIENCY OF FARMERS 'PERFORMANCE THROUGH THE APPLICATION OF APPROPRIATE TECHNOLOGY TO COFFEE LEATHER SHELTERS

  • Primawati Primawati Jurusan Teknik Mesin
  • Bulkia Rahim

Abstract

Pengupasan kulit kopi dilakukan dengan trdisional yaitu dengan menggunakan lesung. Hal ini kan membutuhkan waktu yang lama, pekerja dan biaya yang besar. Dengan hal ini kan mengurangi pendapatan dari masyarakat petani kopi. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya petani kopi. Bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah mengaplikasikan teknologi tepat guna mesin pengupas kulit kopi dalam meningkatkan efisiensi kinerja masyarakat petani kopi. Kegiatan ini dilakukan di Padang Belimbing kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok Sumatera Barat yang berjarak sekitar 112 KM dari ibukota propinsi Sumatera Barat. Khalayak sasarannya adalah masyrakat petani kopi Padang Belimbing kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok Sumatera Barat. Metode yang digunakan adalah pengembangan teknologi tepat guna. Kegiatan ini dilaksanakan melalui dua tahap, yaitu: tahap pertama, observasi dengan melakukan metode pengumpulan data dokumentasi dan diskusi dengan tokoh masyarakat sebagai stakeholder untuk memperoleh informasi kondisi real masyarakat petani kopi. Tahap kedua adalah tahap pengembangan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami petani kopi melalui perancangan dan pembuatan mesin pengupasan kulit kopi serta mengadakan pelatihan pengoperasian mesin pengupasan kulit kopi. Hasil luaran utama yang dicapai dalam program ini adalah tersedianya mesin pengupasan kulit kopi. Hasil lain dari program ini adalah peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang teknologi mesin pengupasan kulit kopi serta meningkatkan taraf hidup masyarakat Kanagarian Padang Belimbing Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok Sumatera Barat.

Submitted

2020-11-02
Accepted
2020-11-04
Published
2020-11-16
How to Cite
[1]
P. Primawati and B. Rahim, “IMPROVING THE EFFICIENCY OF FARMERS ’PERFORMANCE THROUGH THE APPLICATION OF APPROPRIATE TECHNOLOGY TO COFFEE LEATHER SHELTERS”, Vomek, vol. 2, no. 4, pp. 67-71, Nov. 2020.