PENGARUH KONDISI RUANG KELAS TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PDTM DI SMK NEGERI 5 PADANG

  • Jhoni Andrianto Universitas Negeri Padang
  • Nofri Helmi Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Eko Indrawan Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh antara kondisi ruang kelas terhadap konsentrasi belajar siswa mata pelajaran PDTM di SMK Negeri 5 Padang. Mengingat banyaknya siswa yang tidak fokus dalam belajar karena kondisi fisik ruang kelas yang kurang memadai untuk proses belajar mengajar Sementara lulusan SMK kejuruan di tuntut lansung untuk terjun ke lapangan pekerjaan di dunia industri ataupun perbengkelan. Disamping itu juga perlu partisipasi dari beberapa faktor pendukung seperti guru dan instansi terkait lainnya untuk lebih memperhatikan kondisi fisik gedung  maupun kondisi fasilitas pendukung lainnya yang ada dalam kelas tersebut untuk membut siswa lebih nyaman dan tenang dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kuantitatif yang di lakukan pada bulan oktober 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kondisi ruang kelas terhadap konsentrasi belajar siswa. Hasil penelitian yang di dapatkan dari variabel kondisi ruang kelas ( variabel X) dan konsentrasi belajar siswa (variabel Y). Dari  hasil kondisi ruang kelas mendapatkan hasil 67 %  dengan persentase Layak. Sedangkan hasil konsentrasi belajar siswa mendapatkan hasil 71,87 % dengan persentase Layak. Sehingga dapat di simpulkan bahwa kondisi ruang kelas dapat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa.

Submitted

2020-11-11
Accepted
2020-11-18
Published
2020-11-16
How to Cite
[1]
J. Andrianto, N. Helmi, P. Purwantono, and E. Indrawan, “PENGARUH KONDISI RUANG KELAS TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PDTM DI SMK NEGERI 5 PADANG”, Vomek, vol. 2, no. 4, pp. `147-153, Nov. 2020.