PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BANGKINANG
Abstract
Dalam proses pembelajaran saat ini tenaga pendidik masih sering menerapkan metode pembelajaran konvensional berupa ceramah, yang akan menurunkan minat belajar siswa dan dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di SMK Negeri 1 Bangkinang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang biasa disebut juga classroom action research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa kelas X TP 2 mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Bangkinang. Berdasarkan hasil ujian tengah semester, di antara hasil belajar siswa yang diperoleh dari observasi awal, siswa yang mencapai nilai KKM (75,00) hanya mencapai 58,3% dari jumlah seluruh siswa. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I, hasil belajar siswa mencapai 72,2%, dan pada siklus II meningkat menjadi 80,6%. Pada observasi awal rata-rata aktivitas belajar siswa hanya 51,85%. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai 57,87%, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,58%.