PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU BAHAN KELAS XI TKN DI SMK NEGERI 10 PADANG

  • Anggar Sulaiman Zega Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Universitas Negeri Padang
  • Hendri Nurdin Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Modul Pembelajaran, Ilmu Bahan, Model ADDIE

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses belajar mengajar bagi siswa SMK. Kurangnya media pembelajaran menjadikan belum maksimalnya proses pembelajaran di SMK Negeri 10 Padang khususnya pada mata pelajaran Ilmu Bahan membuat siswa sulit dalam memahani pembelajaran tersebut. Dengan adanya media pembelajaran menggunakan modul diharapkan bisa mengoptimalkan siswa dalam belajar di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul pembelajaran. Dalam pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan jenis penalitian Researtch and Development yang berpedoman pada model pengenbangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran semester ganjil. Data dalam penelitian ini berjenis kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan instrument berupa angket yang pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas serta uji praktikalitas dimana uji validitas diujikan kepada 3 dosen Pendidikan Teknik Mesin sebagai ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, sedangkan pada uji praktikalitas di ujikan kepada 2 guru mata pelajaran dan 4 respon siswa. Uji validitas ahli materi didapatkan nilai rata-rata  65.8%, bahasa memperoleh rata-rata 78.5%, ahli media diperoleh rata-rata 62.8%, dan responden siswa memperoleh rata-rata nilai 85.1%. Hasil dari pengujian didapat bahwa modul pembelajaran Ilmu Bahan yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Submitted

2020-12-08
Accepted
2021-01-08
Published
2021-02-05
How to Cite
[1]
A. Zega, P. Purwantono, N. Erizon, and H. Nurdin, “PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU BAHAN KELAS XI TKN DI SMK NEGERI 10 PADANG”, Vomek, vol. 3, no. 1, pp. 25-29, Feb. 2021.