PERSEPSI SISWA TEHADAP SMK SEBELUM DAN SEDANG DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG

  • Irfan Adima Brawira mahasiswa
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal A Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi Siswa, Terhadap Sekolah, Proses Pembelajaran, Sebelum dan Sedang, SMK Muhammadiyah 1 Padang

Abstract

Salah satu faktor yang menentukan apakah persepsi siswa itu baik atau sebaliknya terhadap terhadap SMK adalah pengetahuan mereka atau hal-hal yang berhubungan tentang SMK. Pengetahuan siswa terhadap SMK atau hal-hal yang bersangkutan dengan SMK karena siswa yang tahu tentang bagaimana SMK itu akan merubah persepsi siswa tersebut. Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebelum masuk ke SMK siswa banyak yang belum mengenal SMK tempat siswa bersekolah sekarang sehingga persepsi siswa terhadap SMK tersebut kurang baik. Sedangkan setelah siswa mulai memasuki proses pembelajaran siswa mulai mengenal SMK tersebut yang akhirnya persepsi siswa membaik terhadap SMK. Jenisapenelitian iniaadalah kuantitatifadengan mengunakanametode deskriptif.aPopulasi dalamapenelitian iniaberjumlah 67aorang dariaseluruh kelompok usia. Teknikapengambilan sampelamenggunakan totalasampling, jumlahasampel diadalam penelitianaini adalahaberjumlah 37 orang siswa. Teknikaanalisis dataayang digunakanaadalah persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa; (1) persepsi siswa terhadap SMK di SMK Muhammadiyah 1 Padang tingkat capaian responden 66,80% saat sebelum dan 77,84 saat sedang sudah dikategorikan baik. (2) persepsi siswa tentang metode mengajar di SMK Muhammadiyah 1 Padang dengan capaian 66,49% saat sebelum dan 76,49% saat sedang sudah dikategorikan baik. (3) persepsi siswa tentang fasilitas SMK di SMK Muhammadiyah 1 Padang dengan capaian 64,05% saat sebelum dan 71,62% saat sedang sudah dikategorikan baik Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa, persepsi siswa sebelum dan sedang dalam proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Padang, dari segi persepsi terhadap SMK, metode mengajar, fasilitas SMK, proses pembelajaran, sikap disiplin dan keterampilan siswa pada tingkat baik tapi masih harus di tingkatkan lagi pada pengenalan SMK kepada siswa sebelumnya.

Submitted

2020-12-17
Accepted
2021-02-11
Published
2021-05-31
How to Cite
[1]
I. Brawira, A. Ambiyar, Y. A, and B. Syahri, “PERSEPSI SISWA TEHADAP SMK SEBELUM DAN SEDANG DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG”, Vomek, vol. 3, no. 2, pp. 96-104, May 2021.