KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING DARI PERSPEKTIF GURU DAN SISWA DI SMK 2 PAYAKUMBUH
Abstract
Penyebaran kasus covid 19 akhir-akhir ini semakin meningkat. Hal itu mengakibatkan pemerintah mengambil langkah dalam proses pendidikan dengan melaksanan proses pembelajaran secara daring. Dengan di berlakukannya sistem pembelajaran daring siswa di tuntut untuk memiliki fasilitas yang dapat menunjang kegiatan tersebut. Berdasarkan kondisi di lapangan masih banyak dari guru yag belum menguasai penggunaan teknologi, ini bias dilihat dari kondisi guru yang lahirnya sebelum tahun 1980 an. Permasalahan lain yaitu masih banyak siswa yang tidak memiliki smartphone untuk pembelajran daring dan sekolah tidak bisa menyediakan sarana tersebut untuk siswa dengan kondisi ekonomi rendah. Hal itu mengakibatkan siswa tidak bias mengikuti proses pembelajran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sistem pembelajaran daring dari perspektif guru. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan konstruktif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan bahwa pembelajaran daring memiliki banyak kekurangan dari pada kelebihannya dapat didlihat dari nilainya yaitu 2,99 termasuk kedalam kategori kurang baik. Penilaian menurut siswa mendapat nilai total 56,4 dengan rata-rata 3,13 termasuk kedalam kategori kurang baik. Dapat disimpulkan bahawa poses pembelajaran daring masih terdapat kesenjangan dan kekurangan dalam pelaksanaanya. Kekurangan dari pembelajaran daring lebih banyak di bandingkan kelebihannya. Perbaikan dan inovasi di perlkukan untuk meningkatkan kualitas kelayakan dari sistem pembelajaran daring.