HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU PPLK DENGAN DISIPLIN BELAJAR KELAS X TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

  • Bima Afrindo Putra universitas negeri padang
  • Waskito Waskito Universitas Negeri Padang
  • Mulianti Mulianti Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
Keywords: Hubungan, Persepsi, Siswa, Keterampilan Guru, Disiplin Belajar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan guru pplk dengan disiplin belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang keterampilan guru PPLK.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional, yang berkaitan dengan pengumpulan data untuk memberikan gambaran atau penegasan suatu konsep atau gejala, guna menjawab pertanyaan yang akhirnya dapat mengambil suatu kesimpulan umum dari realita yang ada. Dengan mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik korelasi regresi. Analisis korelasi regresi dilakukan dengan bantuan program komputer.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Deskripsi variabel (X) Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru PPLKdidapatkan Mean : 85.2143, Median : 85.0000, Modus : 84.00 dan Standar Devisiasi : 1.45729. Deskripsi variabel (Y) Disiplin Belajar Siswadidapatkan Mean : 47.0952, Median : 47.0000, Modus : 47.00a dan Standar Devisiasi : 1.14358. Terdapat hubungan atau kolerasipositif Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru PPLK dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas X Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Sumatera Barat yaitu 0,339.

Kata Kunci :Hubungan, Persepsi, Siswa, Keterampilan Guru, Disiplin Belajar

Submitted

2021-01-14
Accepted
2021-02-04
Published
2021-02-05
How to Cite
[1]
B. Putra, W. Waskito, M. Mulianti, and R. Rifelino, “HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU PPLK DENGAN DISIPLIN BELAJAR KELAS X TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT”, Vomek, vol. 3, no. 1, pp. 60-65, Feb. 2021.