PENGARUH PERKULIAHAN DARINGTERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH HIDROLIK DAN PNEUMATIC DI JURUSAN TEKNIK MESIN FT-UNP
Abstract
Perkuliahan yang dilaksanakan secara daring belum optimal, hal disebabkan membutuhkan biaya yang besar karena mahasiswa dituntut untuk membeli kuota internet agar bisa melaksanakan proses perkuliahan. Mahasiswa juga tidak seluruhnya mempunyai laptop untuk mengikuti proses perkuliahan yang dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkuliahan dalam jaringan terhadap hasil belajar mahasiswa teknik mesin pada mata kuliah hidrolik dan pneumatic di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh perkuliahan daring terhadap hasil belajar mahasiswa teknik mesin pada mata kuliah hidrolik dan pnuematic di Universitas Negeri Padang dengan jumlah populasi 76mahasiswa. Teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan sengaja yang ditetapkan oleh peneliti yang sesuai dengan tujuan penelitian sebanyak 63 mahasiswa. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh harga r sebesar rhitung0.640>rtabel 0.248. Setelah dilakukan uji t diketahui bahwa thitung 6.5052> ttabel1.67022 pada taraf signifikan 5%. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kedua variabel dengan taraf signifikan 5% dinyatakanditerima. Pengaruh Perkuliahan Daring terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hidrolik dan Pnuematic di FT-UNP, Dengan interprestasi koefisien korelasi 0.640 dalam kategori kuat.