PENGARUH MEDIA SIMULATOR CNC 2 AXIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT CNC DASAR SISWA DI SMK NEGERI 5 PADANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh/perbedaan hasil belajar mata diklat CNC dasar menggunakan media simulator CNC dibandingkan dengan metode konvensional yang berawal dari rendahnya pemahaman siswa terhadap mata diklat CNC dasar. Hal ini disebabkan oleh kurangnya fasilitas mesin CNC yang memadai untuk proses belajar mengajar, yang kemudian berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only. Tempat penelitian di SMK Negeri 5 Padang. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3 Mesin yang terdiri dari 2 (dua) kelas, kelas eksperimen (3M1) dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang menggunakan media simulator CNC 2 Axis dan kelas kontrol (3M2) dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang menggunakan media konvensional.
Hasil Penelitian membuktikan bahwa analisis uji-t antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 5,118 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan df = 27+27-2 = 52 adalah ttabel(52) = 1,675. Maka thitung> ttabel (5,118 > 1,675), Ho ditolak sekaligus menerima Hi. Berdasarkan hasil analisis uji T tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, antara hasil belajar mata Diklat CNC dasar menggunakan media simulator CNC, dibandingkan dengan media konvensional.