PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT CNC KELAS XI SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum sesuainya model pembelajaran yang digunakan tenaga pendidik dengan karakteristik mata pelajaran, masih banyak tenaga pendidik yang masih menerapkan model pembelajaran konvensional berupa metode ceramah, yang berakibat pada penurunan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar CNC siswa Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan desain Pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari kelas XI TPM 1 dan XI TPM 2. Pengujian instrumen dilakukan di sekolah yang sama, pada Kelas XII Teknik Pemesinan yang terdiri dari 30 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) berupa soal objektif sebanyak 26 soal. Data dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian dari perhitungan t-test diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari pengunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar CNC siswa Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Payakumbuh.