HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI
Abstract
Penerapan model pembelajaran yang tepat akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa, antara siswa dengan siswa serta guru dengan siswa agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan materi ajar yang disampaikan oleh guru dapat mudah dipahami. Strategi atau cara agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan materi ajar lebih mudah diserap oleh siswa dapat diatasi dengan media pembelajaran.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan media pembelajaran video dengan hasil pembelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi bertujuan untuk mengungkap hubungan penggunaan media pembelajaran video hingga hasil pembelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi dengan jumlah siswa sebesar 85 orang. Teknik purposive sampling adalah sampling yang sengaja ditentukan oleh peneliti sesuai dengan tujuan penelitian 65 siswa dengan 20 sampel uji coba. Hasil uji hipotetis, diperoleh r harga rhitungan 0,580> rtabel 0,244. Setelah tes t diketahui bahwar menghitung 4,9393> 1.296 pada tingkat yang signifikan 5%. Ada pengaruh positif dan signifikan antara kedua variabel dengan tingkat hipotesis yang dinyatakan signifikan 5% diterima dilihat dari hasilnya. Hubungan Penggunaan Media Video Learning hingga Hasil Pembelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Kelas X Siswa Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi, dengan interachievement koefisien korelasi 0,580 dalam kategori sedang.