STUDI TERHADAP PEMBELAJARAN PRAKTIK TEKNIK PENGELASAN LAS BUSUR MANUAL (SMAW) DI SMK NEGERI 10 PADANG
Abstract
Lulusan SMK dibekali dengan beberapa kompetensi yang harus dikuasi, salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah kemampuan dalam bidang pengelasan. Kemampuan pengelasan diharapkan agar siswa mampu bekerja di dunia industry yang ada. Keahlihan dalam bidang pengelasan merupakan bagian dari mata pelajaran pengelasan yang harus dikuasi oleh siswa. Namun, fenomena yang ditemui dilapangan yaitu siswa kurang berminat dalam mengikuti pelajaran teori pengelasan karena guru menggunakan strategi pembelajaran model ceramah sehingga siswa menjadi menjenuh, tetapi siswa berminat mengikuti kegiatan praktek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran pengelasan di SMK Negeri 10 Padang, (2) persepsi siswa terhadap guru mata pelajaran pengelasan di SMK Negeri 10 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMK Negeri 10 Padang jurusan Teknik Kapal Niaga. Penelitian ini menggukan teknik total sampling dimana sampel diambil dari keseluruhan populasi yang ada yaitu sebanyak 30 orang. Penelitian dilaksanakan dengan mengumpulkan data menggunakan angket model sakala likert. Data dianalisis dengan teknik statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) pembelajaran praktek pengelasan di SMK Negeri 10 Padang ditinjua dari kompetensi guru berada pada kategori tinggi dengan persentase 41%, (2) pembelajaran prktik pengelasan di SMK Negeri 10 Padang ditinjau dari proses pembelajaran berada kategori tinggi dengan persentase 41%.
References
Anhusadar, L. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609
ANISAH, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Informasi Persediaan Barang Kelas Xi Akuntansi 1 Di Smk Negeri 10 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2).
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Budiyono, A. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains, 4(2), 141–149.
Bulkia, R., Suparno, Erizon., N., & Syahri, B. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Matakuliah Teknologi Proses Fabrikasi Development of Cooperative Model of Jigsaw Type Model Learning in. Vomek, 1(2), 49–54.
Erizon., N., Saputra, eko kurnia, Indrawan, E., & Jasman. (2021). HUBUNGAN PENGGUNAAN APLIKASI RUMAH BELAJARTERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK JURUSAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 SOLOK. 3(1), 45–51.
Jalinus, N., & Nabawi, R. A. (2018). Implementation of the PjBL model to enhance problem solving skill and skill competency of community college student. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(3), 304. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i3.14286
Kumalasari, R., & Hariri, F. R. (2018). IMPLEMENYASI METODE JACCARD SIMILARITY PADA APLIKASI PENCARIAN LIRIK LAGU. Artikel Skripsi.
Maryani, K. D. (2019). PERAN KOMUNITAS ANAK DALAM MENDUKUNG PROGAM KABUPATEN LAYAK ANAK DI KABUPATEN MALANG (Studi Pada Komunitas Omah Sinau di Dusun Ngepeh, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang). 38–50. https://core.ac.uk/display/200764660?recSetID=%0Ahttp://eprints.umm.ac.id/46318/4/BAB III.pdf
Munir, K., Nurhaji, S., & Nurtanto, M. (2020). Pengembangan sistem informasi tracer study pada progam studi pendidikan vokasional teknik mesin Untirta Development ofinformation systems tracerstudy on the vocational educational study program of mechanical engineering , Untirta. 8(2), 91–105.
Novari, R. (2021). Pengaruh Perkuliahan
Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hidrolik Dan Pneumatic Di Jurusan Teknik Mesin Ft-Unp the Effect of Online Lectures on Student Learning Outcomes on Hydraulic and Pneumatic Courses in the Department of Mechanic. 3(1), 37–44.
Nurhalimah, N. (2020). Upaya Bela Negara Melalui Sosial Distancing Dan Lockdwon.
Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(1), 73–80.
Riduwan. (2009). Metode & teknik menyusun proposal penelitian. In Bandung: Alfabeta.
Saepudin, E. (2011). Model Pembelajaran Demokrasi Melalui Pengembangan Organisasi Kemahasiswaan (Studi Kasus Terhadap Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung). 127. http://a-research.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=5152
Sari, delima yanti, Tobing, julian berlin roland, Mulianti, & Rifelino. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN (DPTM) DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN WHITEBOARD TECHNIQUES PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 5 PADANG. 2(3), 18–23.
Sofiana, N. (2015). Implementasi blended learning pada mata kuliah Extensive listening. Jurnal Tarbawi, 12(1), 59–69. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/303
Suryadi, S. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Informatika, 3(3), 9–19. https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219
Syaiful, S., Yufrizal, A., Ambiyar, & Yolli, F. (2020). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri Se-Kota Padang. Vomek, 2(3), 30–36.
waskito. (2021). PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN KEPENDIDIKAN ( PPLK ) FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI PROVINSI SUMATERA BARAT STUDENTS ’ PERCEPTIONS ON TEACHING ABILITY OF S. 3(1), 7–16.
Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan - Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd. - Google Books. In Prenada Media.