EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK MAHASISWA PROGRAM STUDI D3 TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Abstract
Pendidikan yaitu sebuah wadah untuk menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan maka dari itu kualitas Pendidikan sangat berarti untuk memajukan sebuah bangsa. Coronavirus Disease 2019 adalah sebuah wabah penyakit yang melanda dunia kita, virus menyebar dengan sangat cepat sehingga menyebabkan ditutupnya fasilitas penyelenggara Pendidikan. Pemerintah menganjurkan perkuliahan dengan berbasis online. Mata kuliah Gambar Teknik mata kuliah terapan yang seharusnya mahasiswa melihat dan menerapkan secara langsung, pada perkuliahan menggunakan e-learning mahasiswa hanya mendapat materi dan menerapkan secara individu. Hasil wawancara menyebutkan bahwa kurangnya pemahaman mahasiswa dalam menerima materi yang ada dan minat mahasiswa dalam melakukan perkuliahan menggunakan e-learning sangat kurang, sebab itu peneliti bermaksud untuk menilai efektivitas penggunaan e-learning dimata kuliah Gambar Teknik Mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mesin. Instrumen yang digunakan penelitian ini berupa kuesioner dengan memberikan 29 item pernyataan dari 10 indikator kepada 74 sampel penelitian. Teknik analisis data penelitian ini berupa rumus tingkat pencapaian dengan hasil persentase hasil total dari setiap indikator dan selanjutnya menentukan tingkat efektivitas dengan kategori yang sudah ditentukan. Hasi yang didapatkan tingkat efektivitas penerapan e-learning pada mata kuliah Gambar Teknik Mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Padang mendapatkan rata-rata persentase dari setiap indikator sebesar 70% yang dapat dikategorikan cukup efektif.