HUBUNGAN MOTIVASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN KELAS X DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN
Abstract
Masa pandemic .Covid-19 mengharuskan pelaksanaan pembelajaran di sekolah secara Daring (Dalam Jaringan) atau jarak jauh. Sekolah SMK N 1 Pariaman telah melaksanakan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi.=.Siswa kelas X membutuhkan arahan atau motivasi dalamm belajar agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dapat berjalan efektif. Alat ukur keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar ditunjukan dari prestasiibbelajar. Banyak siswa yang mengalami penurunan hasil belajar yang ditunjukan dari skor (Nilai) yang didapati siswa. Tujuan Research ini mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar serta mengetahui tingkat hubungan antara kedua variabel tersebut. Populasi berjumlah 67 siswa dari kelas X jurusan Teknik Mekanik Industri dan anggota populasi menjadi sampel keseluruhan atau disebut total sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional yaitu mengetahui hubungan antara variabel yang berbeda. Data dari variabel dependent didapati melalui Angket (Questionnaire) dan rata-rata nilaiii ulangan harian semester 1 siswa tahun ajaran 2020/2021. Analisis data penelitian menunjukan motivasi belajar berada pada kategori tinggi dengan nilai mean sebesar 87.89 dan hasil belajar di kategori sedang dengan nilai mean sebesar 70.81. Output SPSS menunjukan nilai Corralate (r) atau rhitung sebesar 0,255>0,240 rtabel dan nilai signifikan diperoleh 0,37 pada taraf 5%. Artinya adanya hubungan positif dan signifikansi antara variabel motivasi belajar dan variabel hasillb belajar selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan berada pada tingkat korelasi yang rendah.