PERSEPSI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X DI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 5 PADANG

  • Rodiah Elfianti Universitas Negeri Padang
  • Jasman Jasman Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi, Pembelajaran, Daring, Gambar Teknik, Teknik Mesin.

Abstract

Akibat wabah corona, sekolah mulai menggunakan metode pembelajaran online. Namun, penggunaan teknologi bukan tanpa masalah, dan beberapa masalah menghambat pelaksanaan proses e-learning. Siswa kelas X teknik menggambar khususnya berdasarkan observasi lapangan di SMK Negeri 5 Padang. Masalah muncul karena penerjemahan aura membingungkan pembelajaran dan guru tidak mahir dalam ilmu komputer.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Persepsi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas Siswa X di Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang. Jenis Penelitian ini adalah survei deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitin ini adalah siswa kelas X di Teknik Mesin SMK N 5 Padang dengan sampel 56 siswa. Instrumen penelitian adalah kuesioner (angket). Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah Persepsi siswa Kelas X terhadap pembelajaran daring dalam mata pelajaran Gambar Teknik Mesin masuk dalam kategori sangat baik persentase 24% atau 14 siswa, kategori baik persentase 15% atau 9 siswa, kategori cukup persentase 24% atau 14asiswa, kategori kurang persentase 14% atau 8 siswa, dan kategori sangat kurang 24% atau 14 siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa Kelas X memiliki kesadaran sedang terhadap pembelajaran online bidang desain teknik mesin. Hasil tersebut diartikan sebagian persepsi siswa Kelas X terhadap pembelajaran daring dalam mata pelajaran Gambar Teknik Mesin menyatakan sedang

References

Almi, F. Erizon, N., Aziz, A & Jasman, J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Las Dasar Listrik dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Di Kelas X SMK Dhuafa Padang. Universitas Negeri Padang.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian dan Pendekatan Suatu Praktek. PT Rineka Cipta.

Brawira, I. A., Ambiyar, A., Yufrizal, A., & Syahri, B. (2021). PERSEPSI SISWA TEHADAP SMK SEBELUM DAN SEDANG DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(2), 96–104.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25.

Giesecke, F. E., Mitchell, A., Spencer, H. C., & Hardani, H. W. (2001). Gambar Teknik.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18–26.

Haryanto, S. (2018). Kelebihan dan kekurangan E-learning berbasis schoology (studi PTK dalam pembejaran mata kuliah academic listening).

Indrawan, E., & Rifelino, R. (2014). PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWAMELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM MATA KULIAH METROLOGI INDUSTRI. Penelitian Pendidikan, 5(1).

Irwanto, D. (1994). Psikologi Umum, PT. Gramedia Jakarta.

Jalinus, N., & Ambiyar, A. (2016). Media dan sumber pembelajaran.

Komarudin, K., & Prabowo, M. (2020). Persepsi siswa terhadap pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada masa pandemi Covid-19. MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga, 26(2), 56–66.

Napsawati, N. (2020). Analisis situasi pembelajaran IPA Fisika dengan metode daring di tengah wabah covid-19. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 6–12.

Nugraha, H., & Ambiyar, A. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 49–54.

Pamungkas, I. D., Ghozali, I., Achmad, T., Khaddafi, M., & Hidayah, R. (2018). Corporate governance mechanisms in

preventing accounting fraud: A study of fraud pentagon model. Journal of Applied Economic Sciences, 13(2).

Pratama, B. E., Yufrizal, A., Mulianti, M., & Waskito, W. (2020). HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS BELAJAR PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 PARIAMAN. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 1–7.

Ridwan, M., Erizon, N., Purwantono, P., & Jasman, J. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA KULIAH MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 141–146.

Siregar, H. B. (2010). Menggambar Teknik.

Siregar, S. V., & Bachtiar, Y. (2010). Corporate social reporting: empirical evidence from Indonesia Stock Exchange. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 8(1), 81–86.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Submitted

2021-07-09
Accepted
2021-08-17
Published
2021-11-01
How to Cite
[1]
R. Elfianti, J. Jasman, P. Purwantono, and B. Syahri, “PERSEPSI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X DI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 5 PADANG”, Vomek, vol. 3, no. 4, pp. 13-18, Nov. 2021.