PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 5 PADANG
Abstract
Metode belajar yang digunakan di SMK Negeri 5 Padang adalah gabungan antara tatap muka dan online atau blended learning. Metode tersebut membuat guru kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan media konvensional dan juga membuat minat belajar siswa menurun faktor tersebut berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang masih rendah menuntut guru untuk dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif. Penggunaan media seperti video tutorial dapat meningkatkan minat belajar siswa, proses pembelajaran lebih efektif dan guru lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini.bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial dan media konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah metode eksperimen. Penelitian ini hanya membandingkan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa yang menjadi populasinya adalah kelas X TPM di SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 58 siswa dan dijadikan sampel semuanya. Tes sebelum diujikan terlebih dahulu diuji cobakan kepada pernah mendapatkan perlakuan yang sama“yaitu kelas XI TPM setelah itu baru di ujikan ke kelas X TPM. Hasil dari pengujian Independent Samples Test nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,002 dengan demikian jelas terlihat bahwa nilai sig. (2 tailed) < 0,05 berarti adanya perbedaan yang signifikan atau Terdapat pembedaan hasil belajar dengan menggunakan media konvensional dengan media video tutorial. Perbedaan hasil belajar tersebut dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin kelas X TPM.