KONTRIBUSI KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAPI HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DI KELAS X SMK NEGERI 5 PADANG

  • Muhammad Iqbal Unuversitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
  • Refdinal Refdinal Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Kontribusi, Kreativitas, Pembelajaran, Daring, Gambar Teknik.

Abstract

Masa pandemic Covid-19 mengharuskan pelaksanaan pembelajaran di sekolah secara Daring (Dalam Jaringan) atau jarak jauh. Sekolah SMK Negeri 5 Padang telah melaksanakan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Mata pelajaran gambar teknik mesin merupakan mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa kelas X . Namun pada kenyataannya kompetensi siswa dalam mata pelajaran gambar teknik masih kurang, sehingga banyak siswa yang kesulitan untuk bisa menempuh mata pelajaran gambar teknik dengan baik. Kurangnya kompetensi siswa ini disebabkan oleh banyak hal mulai dari pembelajaran daring, metode mengajar dan media yang digunakan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kontibusi kreativitas dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswaipadaimata pada tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Teknik ana1isis data dalam pene1itian ini yaitu dengan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan pengo1ahan data diketahui bahwa 1) Tidak terdapatnya hubungan yang signifikan anatara kreativitas pembelajaran daring dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin dikelas X SMK Negeri 5 Padang, 2) Tingkat keeratan kreativitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin kelas X SMK Negeri 5 Padang sangat rendah (tidak berkorelasi), 3) Kreativitas pembelajaran daring memberikan sumbangan yang tidak cukup berarti terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin di SMK Negeri 5 Padang hanya sebesar 1,3% (koefisien determinasi) pada taraf kepercayaan 95%.

References

Beetlestone, Florence, 2013. Pembelajaran Kreatif; Strategi Pembelajaran untuk Mempercepat Kreativitas Siswa.Bandung: Nusa Media.

Fajra, M., Ishak, I., Ferdiansyah, F., & Ambiyar, A. (2020). Kontribusi Pembelajaran Guided Discovery Learning Dan Locus of Control Terhadap Hasil Belajar Praktik Hidrolika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 202. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1848

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hapsari, S. (2020). Peran Self Regulation Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas 2045. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol5issue1page1-11

Hosnan, 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad. 21. Jakarta: Ghalia Indonesia

Jalinus, N., Waskito, W., & Sudirman, S. (2018). Kontribusi Bakat Mekanik Dan Persepsi Tentang Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Produktif Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Smk Negeri 2 Sawahlunto. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i1.423

Juhana, Ohan, & M. Suratman. 2012. Menggambar Teknik Mesin dengan StandarIso. Bandung: Cv Pustaka Grafika.

Kusniyah& Hakim,L . 2019. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 17 No.1.

Martins, M. de L. 2015. How to Effectively Integrate Technology in theForeignLanguage Classroom for Learning and Collaboration. Procedia Social and Behavioral Sciences. Vol. 174, Halm. 77–84.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta : GP PressGroup.

Munandar, Utami. 2017. Mengembangkan Bakat dan Kreatiivitas Anak Sekolah. Jakarta: PT.Gramedia

Noveandini, R., & Wulandari, M. S. (2010). Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa/i Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Sharp, R., Yue, Y., Han, J., Han, G., Aita, G. M., Wu, Q., ALBERTINI, S., CARMO, L. F. DO, PRADO FILHO, L. G. DO, Costa, L. A. D. S., Fonseca, A. F., Pereira, F. V., Druzian, J. I., Khalil, H. P. S. A., Davoudpour, Y., Islam, N., Mustapha, A., Sudesh, K., Dungani, R., … Rainey, T. J. (2016). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Carbohydrate

Polymers, 17(1), 1–13. http://dx.doi.org/10.1016/j.carbpol.2016.12.050%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.indcrop.2016.04.064%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.carbpol.2016.05.028%0Ahttp://xlink.rsc.org/?DOI=C6NR09494E%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.carbpol.2014.12.064%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pgri Madiun. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun, 8, 81–86.

Sofyana& Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1,Halm. 81-86.

Soto, G. Takeshi, & N. Sugiarto Hartanto. 2013. Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahri, B., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., Jepang, J. S., Budaya, F. I., Hatta, U. B., & Belajar, H. (2020). Relationship Level of Creativity With the Result of Subjects. 2(2).

Wahidmurni. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. UIN Maulana MalikIbrahim Malang.

Submitted

2021-07-27
Accepted
2021-08-23
Published
2021-11-01
How to Cite
[1]
M. Iqbal, B. Syahri, R. Refdinal, and Z. Abadi, “KONTRIBUSI KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAPI HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DI KELAS X SMK NEGERI 5 PADANG”, Vomek, vol. 3, no. 4, pp. 68-74, Nov. 2021.