HUBUNGAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI TERHADAP PENEGETAHUAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA SISWA JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

  • Nofri Pratama Putra Universitas Negeri Padang
  • Jasman Jasman Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Hubungan, APD, Pengetahuan, K3, Siswa

Abstract

Pemakaian APD pada siswa jurusan Teknik Mesin SMK N 1 Sumatera Barat yang masih kurang setelah di berikan pengetahuan mengenai K3 menjadi perhatian pada penelitian ini. Penelitian ini memiliki maksud untuk mengetahui tingkat dan memahami pentingnya pemakaian APD atau alat pelindung diri dan pengetahuan K3 atau keselamatan dan kesehatan kerja, dan memahami hubungan pemakaian APD terhadap pengetahuan K3 pada siswa jurusan Teknik Mesin SMK N 1 Sumatera Barat. Penelitian berjenis deskriptif, metode pendekatan kuantitatif serta memiliki sifat korelasional. Penelitian ini memiliki populasi sejumlah 48 responden yang berasal dari siswa kelas XI TP jurusan Teknik Mesin SMK N 1 Sumatera Barat TA 2020/2021 dan sejumlah 43 responden dijadikan sampel. Data di uraikan dengan teknik analisis yang dikembangkan oleh Pearson yaitu product moment dengan menggunakan software olah data statistik SPSS version 26.0 yang dikembangkan IBM. Hasil penelitian tingkat pemakaian alat pelindung diri pada kategori cukup (48,8%), tingkat pengetahuan keselamatan dan kesehatan kerja pada kategori cukup (48,8%), dan hasil analisis koefisien korelasi nilai rhitung = 0,471, jadi rhitung > rtabel yaitu 0,471 > 0,301, artinya terdapat hubungan pemakaian APD terhadap pengetahuan K3 dengan tingkat hubungan cukup kuat dan presentase kontribusi pemakaian APD terhadap pengetahuan K3 pada siswa jurusan Teknik Mesin SMK N 1 Sumatera barat adalah 22,1%.

Submitted

2021-07-28
Accepted
2021-08-05
Published
2021-08-31
How to Cite
[1]
N. Putra, J. Jasman, R. Rifelino, and Z. Abadi, “HUBUNGAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI TERHADAP PENEGETAHUAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA SISWA JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT”, Vomek, vol. 3, no. 3, pp. 75-80, Aug. 2021.