HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PADA MATA DIKLAT TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT
Abstract
Penelitian dilakukan untuk melihat hubungan pada persepsi siswa tentang kesehatan dan keselamatan kerja terhadap hasil belajar praktik di SMKN 1 Sumatera Barat. Dengan asumsi bahwa semakin positif persepsi penerapan kesehatan dan keselamatan kerja akan tinggi hasil belajar praktik yang diperoleh siswa dan juga sebaliknya semakin negatif persepsi penerapan kesehatan dan keselamatan kerja akan semakin rendah hasil belajar praktik. Jumlah sampel sebanyak 43 siswa yang ditetapkan dengan menerapkan rumus slovin. Proses dalam mengumpulkan data yang terapkan yaitu dokumentasi dan angket. metode dalam menganalisa data digunakan rumus korelasi product moment serta regresi linear sederhana. Teknik analisis data digunakan software SPSS versi 26. Analisa hasil perhitungan data diperoleh koofisien r sebesar = 0,508 terlihat > atau0,508 > 0.301 Artinya adanya hubungan kedua variabel berbentuk positif pada persepsi siswa tentang penerapan kesehatan dan keselamatan kerja terhadap hasil belajar praktik hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang kuat antara persepsi siswa tentang kesehatan dan keselamatan kerja dengan hasil belajar praktik siswa di SMKN 1 Sumatera Barat antara kolerasi variabel bebas dan variabel terikat yaitu 0,258. dengan demikian konstribusi variabel persepsi siswa tentang kesehatan dan keselamatan terhadap hasil belajar praktik adalah 25,8% dan sisanya 74,2% merupakan faktor lainnya dan tidak akan dibahas dalam penelitian ini dikarenakan berada diluar batasan masalah.