PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TPGM PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MERANCANG DENGAN CAM DI SMK NEGERI 1 SUNGAI RUMBAI

  • Java Danilio Saputra Universitas Negeri Padang
  • Muhamad Thaufiq Pinat Universitas Negeri Padang
  • Hendri Nurdin Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
Keywords: Quantum Learning, Hasil Belajar, Teknik Merancang dengan CAM, Penelitian Tindakan Kelas, SMK N1 Sungai Rumbai

Abstract

Penelitian ini imendeskripsikan mengenai diterapkannya model Quantum Learning di mata pelajaran TM CAM untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Karena selama pengamatan peneliti semasa PLK pembelajaran cenderung kaku dan kurangnya variasi dalam model pembelajaran. Metode yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bahasa Inggris Classroom Action Research (CAR). Pelaksanaan penelitian ini berpusat kepada penerapan model Quantum Learning pada kelas XI TPGM di SMK N1 Sungai Rumbai dengan subjek penelitian sebanyak 26 siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, persentase aktivitas belajar siswa pada isiklus I sebesar 78,52%, meningkat di siklus II menjadi 88,45% dengan kategori baik sekali. Aktivitas mengajar guru juga terjadi peningkatan, siklus I persentase yang didapat sebesar 91,66%, dan pada siklus II meningkat sebesar 100% yang dikategorikan baik sekali. Hasil belajar isiswa juga terjadi peningkatan, persentase yang diperoleh 69,23% siklus I meningkat menjadi 88,46% siklus II dengan kategori sangat baik. Dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan sebelum tindakan, permasalahan yang ditemukan sesuai dengan pengamatan peneliti ketika PLK dan wawancara setelah tindakan dari tanggapan informan mengikhtisarkan model Quantum Learning dapat mengatasi permasalahan tersebut. Jadi dengan menerapkan model Quantum Learning bisa dijadikan acuan dalam meningkatkan hasil belajar untuk mata pelajaran TM CAM di kelas XI TPGM SMK N1 Sungai Rumbai. Sehingga dapat diartikan dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ambiyar, J. N. and. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. In: Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Ansori, S. (2018). Trik Mendesain 3D dengan AutoCAD. Elex Media Komputindo.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

DePorter, B dan Hernachi, M. (2000). Quantuml Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifah.

DePorter, B. & M. jHernacki. (2001). Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Penerbit Kaifa.

Ferdiansyah, F., Ambiyar, A., Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis E Learning dalam Meningkatkanl Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 21(1), 62–72.

Hamiyah, Nur & Jauhar, Jm. (2014). Strategi Belajar-Mengajar Di Kelas. Prestasi Pustakaraya.

Huda, N., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruhl Pembelajaran Quantum Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas IV SDN 3 Pancor. Doctoral dissertation.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.

Pinat, M. T. (2011). Industrial Support in Vocational Education land Training Developmentl to Achieve Quality Assurance of Indonesian Professional Labor Force. 42.

Primawati, P., Ambiyar, A., & Ramadhani, D. (2017). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGUNAKAN METODE TALKING STICK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(1), 73–80. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i1.23

Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Pustaka Pelajar Offset.

Sagala, S. (2005). Perencana Pendidikan Penyedia Informasi sebagai Landasan Penentuan Kebijakan Pendidikan di Sekolah. Mimbar-Pendidikan, 69.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi l (Mix Methods). Alfabeta.

Suparno, S., & Rahim, B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknik Pemesinan Dan Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. PAKAR Pendidikan, 15(2), 84–92.

Syahrum., S. and. (2012). Metodologi penelitian Kualitatif. Citapustaka Media.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka Publisher.

Yusuf., A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenadamedia group.

Submitted

2021-08-10
Accepted
2021-08-17
Published
2021-11-01
How to Cite
[1]
J. Saputra, M. Pinat, H. Nurdin, and I. Irzal, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TPGM PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MERANCANG DENGAN CAM DI SMK NEGERI 1 SUNGAI RUMBAI”, Vomek, vol. 3, no. 4, pp. 19-25, Nov. 2021.