PERSEPSI SISWA TERHADAP PENERAPAN METODE BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 5 PADANG

  • Nidya Meliza Putri Universitas Negeri Padang
  • Arwizet K Universitas Negeri Padang
  • Hendri Nurdin Universitas Negeri Padang
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi Siswa, Blended Learning, Penerapan, Dasar Perancangan Teknik Mesin, SMK Negeri 5 Padang

Abstract

Metode pembelajaran pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SMK Negeri 5 Padang dengan menggunakan metode pembelajaran blended learning. Penerapan metode tersebut ditemui kesulitan bagi siswa yang mana masih kurangnya motivasi, minimnya pengetahuan, respon dan perhatian siswa kurang baik terhadap pembelajaran blended learning.Blended Learning merupakan penggabungan antara model pembelajaran konvensional dan pembelajaran daring. Setelah berjalannya waktu penerapan blended learning siswa pun aktif dan bersemangat serta respon siswa baik terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah persepsi siswa terhadap penerapan metode blended learning pada mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin kelas X di SMK Negeri 5 Padang. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan data yaitu dengan teknik analisis deskriptif yang meliputi: median, mean, modus, standar deviasi, dan frekuensi relatif persentasi kemudian dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas. Tempat penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Padang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 1 dan X TPM 2. Perlakuan yang diberikan dengan menggunakan metode blended learning. Hasil dari frekuensi variabel persepsi siswa berada pada kategori tinggi sebanyak 44 siswa (76%), hasil tersebut didapatkan sebagian persepsi siswa kelas X terhadap penerapan metode blended learning dalam mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin bisa dikatakan baik pembelajaran bagi siswa. Dari hasil 76% siswa tersebut diartikan bahwa Siswa cukup mempunyai respon dan perhatian yang baik terhadap proses pembelajaran blended learning.

References

Ambiyar; Rahmi, O. & F. (2020). Efektivitas Komunikasi Dua Arah Pada Blended Learning Berorientasi Flipped Classroom Pada Masa New Normal Covid 19. 26(2013), 483–492.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budi, Syahri; Herki, M., & Syahrul. (2019). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Sarana Belajar Gambar dengan hasil Belajar Mata Diklat Gambar Teknik Pada Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. 1(2).

Endah Wulantina, S. M. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika, 1(2), 110–121. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.156

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas. Diponegoro.

Jasman. (2018). Persep Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 5 Padang.

Nugroho, S. (2015). PROFESIONALISME GURU SD

NEGERI SE-KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG Suatu Tinjauan Aspek Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru. Jurnal VARIDIKA, 24(2), 135–146. https://doi.org/10.23917/varidika.v24i2.710

Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi perbandingan kemampuan potensi akademik aritmatika mahasiswa yang berasal dari smk dengan sma pada jurusan teknik mesin ft unp. 16–17.

Riduwan. (2015). Dasar - Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2012). Model - Model Pembelajaran. Depok : PT. Rajagrafindo Presada.

Russeffendi. (2010). Perkembangan Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Sudira. (2016). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMK Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Sudjana, N. (2010). Penelitian dan Peneliaian Pendidikan. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Model Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Syfa S, M. (2014). Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung: UPI.

Thoha, M. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Waskito, dkk. (2016). Konstribusi Minat Kerja dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok.

Submitted

2021-08-11
Accepted
2021-08-17
Published
2021-11-01
How to Cite
[1]
N. Putri, A. K, H. Nurdin, and P. Primawati, “PERSEPSI SISWA TERHADAP PENERAPAN METODE BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 5 PADANG”, Vomek, vol. 3, no. 4, pp. 1-5, Nov. 2021.