ANALISIS REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP HASIL PRESTASI BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA DI SMK NEGERI 2 PEKANBARU

  • Firdaus Firdaus Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
  • Remon Lapisa Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Hubungan, Regulasi Diri, Prestasi Belajar, Gambar Teknik, SMK Negeri 2 Pekanbaru

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting membentuk nilai dan kebiasaan. Output dari pendidikan yaitu sebuah hasil prestasi belajar siswa. Siswa kelas X MP SMK Neger 2 Pekanbaru tahun ajaran 2020/2021 didapati Ujian Tengah Semester mata pelajaran Gambar Teknik siswa tergolong rendah, tugas yang diberikan oleh guru tergolong sedikit yang mengerjakannya, dan siswa diindikasikan mempunyai regulasi diri  yang rendah. Penelitian ini bertujuan melihat interaksi antara regulasi diri terhadap output prestasi belajar Gambar Teknik anak didik pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dua Pekanbaru, dan aspek regulasi diri mana yg paling mempunyai interaksi terhadap output prestasi belajar anak didik. Jenis Penelitian ini merupakan kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini merupakan semua anak didik X yg berjumlah 76 anak didik. Teknik Pengumpulan data berupa angket dan nilai hasil prestasi belajar ujian akhir semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Analisis data & uji hipotesis memakai rumus Product Moment. Untuk melihat aspek regulasi yg paling bekerjasama menggunakan rumus hubungan Product Moment donasi SPSS versi 26,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) terdapat hubungan regulasi diri (self-regulated) siswa cukup kuat dengan harga koefisien korelasi sebesar 0,5 untuk N=76 dengan taraf kepercayaan 95%, thitung= 4,966 ≥ 2,358,artinya terdapat hubungan yang positif antara regulasi diri terhadap hasil prestasi belajar Gambar Teknik siswa, Ha diterima dan Ho ditolak; dan b) Aspek regulasi diri (self-regulated) siswa yang paling memiliki hubungan terhadap hasil prestasi belajar adalah mengatur diri dengan taraf korelasi 0,403.

References

Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Airlangga University Press.

Azwar, S. (2011). Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hafizah, H., & Ambiyar, A. (2021). Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Simulasi Komunikasi dan Digital Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 49–55.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

Hidayat, A. F. (2013). Hubungan regulasi diri dengan prestasi belajar kalkulus ii ditinjau dari aspek metakognisi, motivasi dan perilaku. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 1–9.

Nardo, D. F., Jalinus, N., & Arwizet, K. (2019). Penerapan Project Based Learning Berbasis Grasps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat MPMB Kelas XI SMK Semen Padang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 20–26.

Nugraha, H., & Ambiyar, A. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 49–54.

Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, & Martinus Budiantara. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. http://lppm.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan diri dan kemandirian belajar pada siswa SMA negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43–49.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Rahim, B., Nasrun, N., & Maksum, H. (2013). Kontribusi Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 2 Solok. Automotive Engineering Education Journals, 3(1).

Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/viewFile/184/210

Sanjaya, H. (n.d.). Ghozali, I.(2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (VIII). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006a). metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Suharsimi, A. (2006b). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 120–123.

Sulistivani, N. W. (2012). Hubungan konsep diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(2), 118–126.

Suparno, S., & Rahim, B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknik Pemesinan Dan Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. PAKAR Pendidikan, 15(2), 84–92.

Susanto, H. (2006). Mengembangkan kemampuan self regulation untuk meningkatkan keberhasilan akademik siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(5), 64–71.

Suyatno, S., Irzal, I., Jasman, J., & Primawati, P. (2020). Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Mengajar Dan Sikap Siswa Pada Tata Tertib Sekolah Terhadap Hasil Belajar Teknik Las Dasar Di SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 117–125.

Syahri, B., & Syahrial, S. (2020). Hubungan Tingkat Kreativitas Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(2), 22–30.

Syofian, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.

Submitted

2021-08-11
Accepted
2021-08-19
Published
2021-11-01
How to Cite
[1]
F. Firdaus, B. Syahri, R. Lapisa, and Z. Abadi, “ANALISIS REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP HASIL PRESTASI BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA DI SMK NEGERI 2 PEKANBARU”, Vomek, vol. 3, no. 4, pp. 26-30, Nov. 2021.