KELAYAKAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS KESELAMATAN KERJA UNTUK BISA MENJAMIN K3 SISWA DI BENGKEL PEMESINAN SMK NEGERI 1 PADANG

  • Agung Pradana Putra Universitas Negeri Padang
  • Muhamad Thaufiq Pinat Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
  • Rahmat Azis Nabawi Universitas Negeri Padang
Keywords: Kelayakan, Kelengkapan, Fasilitas Keselamatan Kerja, Pemesinan, SMK Negeri 1 Padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tentang kelayakan dan kelengkapan fasilitas keselamatan kerja untuk bisa menjamin K3 siswa di bengkel pemesinan SMK Negeri 1 Padang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan dan kelengkapan fasilitas keselamatan kerja untuk bisa menjamin K3 siswa di bengkel pemesinan SMK Negeri 1 Padang. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa lisan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati dan metode kuantitatif sebagai pelengkap hasil penelitian dalam bentuk angket dan analisis data yang didapat. Penelitian ini mendapatkan hasil dari perhitungan terhadap 9 butir soal yang tersedia pada angket yang berkaitan dengan kelayakan dan kelengkapan fasilitas K3 di bengkel pemesinan SMK Negeri 1 Padang yang diberikan kepada 10 guru teknik pemesinan SMK Negeri 1 Padang termasuk dalam kategori “kurang baik”, hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menyatakan bahwa nilai rata-rata angket 25,6 berada di kategori kurang layak, sesuai dengan hasil yang didapat pada saat wawancara dimana responden menyatakan kelayakan fasilitas di bengkel pemesinan kurang layak digunakan karena beberapa peralatan sudah tidak baik untuk digunakan tetapi beberapa fasilitas masih bisa gunakan dengan memanfaatkan penggunaannya secara bergantian pada saat praktek agar bisa melindungi siswa dari kecelakaan kerja.

References

Basrowi, S. &. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Candrianto. (2020). Pengenalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Diandra, A., Helmi, N., & Erizon, N. (2020). Hubungan Minat Berwirausaha dengan Hasil Belajar siswa XII TPM pada Mata Diklat Produk Kreatifitas dan Kewirausahaan Program Studi Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2019 / 2020. RanahResearch, 2(1), 180–190. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/download/1051/812

Frimananda, F., Syahri, B., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., & Belajar, H. (2021). TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI PENGELASAN LOGAM DI IMPLEMENTATION OF K3 ON THE RESULTS OF STUDYING METAL WELDING TECHNOLOGY. 3(2), 1–9.

Hidayat, M., & , Jasman, Mulianti, B. S. (2021). HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PADA MATA DIKLAT TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI DI

SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT. 3(3), 67–74.

Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural, Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan, 7, 131–133.

Ihsan, F. (2005). Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta.

Irzal. (2016). Dasar-Dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Kencana.

Miles, M. B. & M. A. H. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mudyahardjo, R. (2001). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada.

Pinat, M. T. (2011). Industrial Support in Vocational Education and Training Development to Achieve Quality Assurance of Indonesian Professional Labor Force. Education, 6–13.

Prabowo, A. & H. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2, 1–9.

Putri, S. C., Erizon, N., Sari, D. Y., & Arafat, A. (2021). TINJAUAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH FISIKA TERAPAN PROGRAM STUDI D3 TEKNIK MESIN FT-UNP OVERVIEW OF STUDENTS ’ INTEREST IN ONLINE LEARNING COURSES APPLIED PHYSICS STUDY PROGRAM D3 MECHANICAL ENGINEERING FT-UNP. 3(3), 15–21.

Rio Ramadhan, Jasman, Arwizet, A. K. (2021). STUDENT PERCEPTION OF OCCUPATIONAL HEALTH AND SAFETY APPLICATION IN PLATE FORMATION ENGINEERING COURSE IN FABRICATION WORKSHOP MAJORING IN MECHANICAL ENGINEERING UNP Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknik , Universitas Negeri Padang Kampus Air Tawar , Pad. 3(2), 47–53.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatf. Alfabeta.

Suma’mur, P. . (2009). Higene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkes). Sagung Seto.

Suma’mur, P. K. (1996). Higene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. PT. Toko Gunung Agung.

Swasto, B. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. UB Press.

Widayana, G. & G. W. (2014). Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Graha Ilmu.

Submitted

2021-08-12
Accepted
2021-08-20
Published
2021-11-01
How to Cite
[1]
A. Putra, M. Pinat, I. Irzal, and R. Nabawi, “KELAYAKAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS KESELAMATAN KERJA UNTUK BISA MENJAMIN K3 SISWA DI BENGKEL PEMESINAN SMK NEGERI 1 PADANG”, Vomek, vol. 3, no. 4, pp. 46-54, Nov. 2021.