EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CNC SIMULATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN NC/CNC DAN CAM KELAS XII SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI
Abstract
Penelitian ini didasari dari minimnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik disebabkan kurangnya fasilitas mesin CNC pada kegiatan praktikum, sehingga kegiatan praktikum menjadi tidak maksimal. Penelitian ini bermaksud untuk melihat efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis android yaitu CNC Simulator. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperimental Design untuk melihat perbedaan pre-test maupun post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Bukittinggi menggunakan teknik Sampling Porpuse pada kelas XII terdapat dari 2 kelompok kelas yaitu kelas eksperimen (XII TPM 1) dan kelas kontrol (XI TPM 2). Hasil penelitian diperoleh analisis uji t pada kedua kelompok kelas yaitu sebesar 7,414. Sedangkan pada taraf signifikan 0,05 dengan df sebanyak 62 adalah 2,65748. Dapat disimpulkan nilai t hitung besar dari t tabel (7,414 > 2,65748). Perhitungan nilai N-Gain dilakukan pada kelas yang diberi perlakuan menggunakan media CNC Simulator didapat hasil sebesar 0,578. Pengambilan keputusan diambil jika perhitungan nilai N-Gain ≥ 0,30 maka perlakuan pada kelas tersebut dikatakan efektif. Hasil analisis uji t dan uji nilai N-Gain, diperoleh keputusan bahwa terdapat kenaikan maksimum pada hasil belajar siswa menggunakan media CNC Simulator dibandingkan dengan menggunakan media konvensional. Hasil analisis tersebut menunjukkan media CNC Simulator efektif digunakan sebagai media pembelajaran CNC.
References
Abizar, Haris, dkk. (2020). Efektivitas pembelajaran praktik CNC menggunakan swansoft simulator pada keaktifan belajar siswa. Jurnal Taman Vokasi, 8(1), 27–32.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Candra, Y. E., Yufrizal, A., & Prasetya, F. (2019). Pengaruh Media Simulator CNC 2 Axis terhadap Hasil Belajar Mata Diklat CNC Dasar Siswa di SMK Negeri 5 Padang. 1(1), 15–19.
Drs.Syahrum, M.Pd & Des.Salim, M. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citaputaska Media.
Emputri, Yulira., Ambiyar., K, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa SMK Negeri 1 Pariaman. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 8–14.
Fornandes, B., Yufrizal, & Prasetya, Febri., Indrawan, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat CNC Kelas XI SMK Negeri 2 Payakumbuh. Vomek, 3(2), 10–16.
Hardani, S.Pd., M.Si., dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Ilya, P. . dan O. V. (2019). Simulator Perangkat Lunak Bubut CNC. www.virtlabs.tech.
Jasman. (2018). Persepsi Siswa tentang Kepemilikan Standar Kompetensi Guru pada Mahasiswa PPLK. 20, 587 – 593.
Lutfi, M. A., dan Irfa’i, M. A. (2015). Penerapan Media CNC Simulator pada Pokok Bahasan Absolute CNC Program TU 2A dalam Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas XII TPM-1 SMK Dharma Bahari Surabaya. JPTM, 3(2), 38–48.
Nugraha, H., & Ambiyar, A. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.295
Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(1), 73–80.
Rahim, Bulkia., Adri, Junil., S. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Kuliah Tata Tulis Karya Ilmiah dan Seminar pada Pendidikan Vokasi. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 39–48.
Ristedikti. (2016). Undang-Undang Republik Indonesi Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. kelembagaan.ristekdikti.go.id
Sudjana, N & Rivai, A. (2002). Media Pengajaran. CV Sinar Baru.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Swandi, H., Erizon, N., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., & Tawar, K. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran NC/CNC Kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. 2(4), 40–45.
Widarto, dkk. (2008). Teknik Produksi Mesin Industri Jilid 2 Untuk SMK (D. P. Nasional (ed.)).
Wijanarka, S. (2012). Modul Teknik Pemesinan Bubut CNC. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Yufrizal, A., Indrawan, E., & Aziz, A. (2019). Improving Teacher ’ s In Developing & Analyzing Made Test Through Follow-Up At CNC Machine Training. October.