PERSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X TEKNIK MEKANIK INDUSTRI DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN TERHADAP FILPPED CLASSROOM
Abstract
Pembelajaran pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SMK Negeri 1 Pariaman menggunakan metode pembelajaran flipped classroom. Penerapan metode tersebut ditemui kesulitan karena masih kurangnya motivasi, minimnya pengetahuan, respon dan perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa pada mata pelajaran PDTM kelas X TMI SMK N 1 Pariaman terhadap kelas terbalik. Teknik Proportional Random Sampling digunakan dalam penelitian ini, sebanyak 41 partisipan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TMI 1 dan X TMI 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif yang meliputi mean, modus, media, standar deviasi, dan frekuensi relatif persentase, setelah itu dilakukan uji syarat analisis dengan uji normalitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Flipped Classroom. Hasil penelitian tentang persepsi siswa terhadap flipped classroom pada mata pelajaran PDTM Kelas X TMI SMK N 1 Pariaman dibagi menjadi tiga kategori yaitu kategori tinggi sebanyak 22 siswa (53,7%), kategori sedang sebanyak 19 siswa (46,3%), dan kategori rendah sebanyak 0 siswa (0%). Hasil ini menunjukkan sebagian persepsi siswa kelas X Teknik Mekanik Indusri pada mata pelajaran PDTM terhadap flipped classroom mempunyai respon yang baik diperoleh kategori tinggi (53,7%), Dapat disumpulkan bahwa metode flipped classroom efektif.
References
Amiroh. (2013). Mari Beralih Ke Flipped Classroom.[Online] Tersedia Di Http://Amiroh.Web.Id/Mari-Beralih-Ke-Flipped-Classroom/. Diakses Pada.
Bishop, J. L., & Verleger, M. A. (2013). The flipped classroom: A survey of the research. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings, 1–18.
Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-LEARNING Teori dan Desain. Remaja Rosdakarya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Elsa. (2018). Efektivitas penerapan model pembelajaran filpped classroom di kelas XMIPA SMA Negeri 1 Karangnom tahun ajaran 2017/2018 pada materi vektor. Jogyakarta. Universitas Sanata Dharma. Yogykarta: Universitas Sanata Dharma. Retrieved from Repository.usd.ac.id
Janatin, Y. (2019). Penerapan model flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP.
Johnson, G. B. (2013). Student perceptions of the flipped classroom. Educational Technology, (January).
kemdikbud PP Nomor 19 tahun 2005 tentang standar sarana prasarana. (2005). PP Nomor 19 tahun 2005 tentang standar sarana prasarana, 1–54.
Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta :PT Rineka Cipta.
Oktavia, S., Studi, P., Luar, P., Pendidikan, J. I., & Riau, U. (2015). JOB SATISFACTION THE KAGET MARKET TRADERS IN RW 15 SIMPANG TIGA VILLAGE DISTRICT BUKIT RAYA. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2(2), 1–10.
Rahmat, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rifki, A. W., & Listyaningsih. (2017). Hubungan Kegiatan Ekstrakulikuler Pecinta Alam dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa di SMK Negeri 2 BOJONEGORO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 05(20), 426–440.
Rindaningsih, I. (2018). Efektifitas Model Flipped Classroom dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Prodi S1 PGMI UMSIDA. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 51–60.
Robinson, H. (2003). Perception Problems of Philosophy. London: Routledge.
Saefuddin, A. & I. B. (2014). Pembelajaran Efektif. Teorema. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Siamena, E., Sabijono, H., & Warongan, J. D. . (2017). Pengaruh Sanksi Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Manado. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 12(2), 917–927.
Sri Sulasmi, T., & Ersta, L. K. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia 3-4 Tahun. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(2), 54–59.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Biosel: Biology Science and Education (Vol. 2). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Toha, M. (2003). Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wulandari. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Flipped Classroom Dan Diskusiter hadap Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 8–36.