HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 1 LEMBAH MELINTANG
Abstract
Metode pembelajaran pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SMK Negeri 1 Lembah Melintang dengan menggunakan metode pembelajaran Tatap Muka (TPM) dengan standar protokol kesehatan. Penerapan metode tersebut ditemui kesulitan bagi siswa yang mana masih kurangnya motivasi, minimnya pengetahuan, respon dan perhatian siswa kurang baik terhadap pembelajaran Tatap Muka dengan standar protokol kesehatan .Tatap Muka dengan standar protokol kesehatan merupakan pengurangan jumlah siswa yang mengikuti PTM tersebut yaitu 50% dari jumlah siswa sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi motivasi belajar dan metode pembelajaran pada saat pandemi terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMKN 1 Lembah Melintang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TP 1 dan X1 TP 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling berjumlah 33 orang. Data diperoleh melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Untuk pengujian hipotesis yaitu uji t. Berdasarkan hasil uji-t hipotesis hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar berpengaruh positif. Besarnya hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 40,96% dan sisanya sebesar 59,04% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.
References
Ahmad, A. d. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung.
Bulkia, R. J. (2021). Validitas Modul Teori Teknik Fabrikasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw”. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasi. 7(1)., 78-85.
Cahyani, A. L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 123-140.
Irzal, I., & Erizon, N. (1994). Hubungan Aspek Penerapan Keselamatan Kerja terhadap Hasil Belajar Praktek Teknologi Proses Fabrikasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FPTK IKIP Padang.
Jasman, J., Irzal, I., Adri, J., & Pebrian, P. (2018). Effect of Strong Welding Flow on the Violence of Low Carbon Steel Results of SMAW Welding with Electrodes 7018. Teknomekanik, 1(1), 24-31.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.
Frimananda, F., Mulianti, M., Jasman, J., & Syahri, B. (2021). PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS WORKSHOP FABRIKASI DAN PENERAPAN K3 TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI PENGELASAN LOGAM DI JURUSAN TEKNIK MESIN FT–UNP. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(2), 1-9.
Kusnadi, E. (2008). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ramayana Press.
Mardiyati, B. D. (2015). Perbedaan adaptabilitas karir ditinjau dari jenis sekolah (SMA dan SMK) . Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan.
Mulyasa. (2016). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasehudin. Toto, S. &. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Pustaka Setia.
Nugroho, S. (2020). Pengaruh Virus Covid 19 Terhadap Bidang Olahraga di Indonesia. Jurnal Stamina 3.3, 145-153.
Pranita, E. (2020). Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. Kompas.
Prawira. (2014). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ramadhan, H. M. (2020). Hubungan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Diklat Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Di Smk Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (Vomek).2 (1).
Riduwan., &. S. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Rodesri. (2018). Kompetensi Lulusan Pendidikan Vokasi: Analisis Validitas dan Reliabilitas Indikator. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 49-58.
Rosa, N. N. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education and Teaching, 147-153.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Supardi, S., & Arwizet, K. (2019). HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 BANDA ACEH. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 7-11.
Uno, H. B. (2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Widyaningrum, G. L. (2020). WHO Tetapkan COVID-19 Sebagai Pandemi Global, Apa Maksudnya?
Yanza, R., Jasman, J., Purwantono, P., & Erizon, N. (2021). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI PENGELASAN LOGAM MAHASISWA DIPLOMA III JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(2), 82-89.
Yufrizal, A., Irzal, I., & Prasetya, F. (2019). PENGARUH MEDIA SIMULATOR CNC 2 AXIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT CNC DASAR SISWA DI SMK NEGERI 5 PADANG. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 15-19.