PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS GRASPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MPMB KELAS XI SMK SEMEN PADANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut setelah mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning).
Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI TM1 SMK Semen Padang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian otentik pelaksanaan (project based learning) berupa hasil sikap dan keterampilan. Analisis data penelitian dilakukan melalui analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Melakukan Pekerjaan
dengan Mesin Bubut melalui implementasi pembelajaran berbasis proyek. Pada Siklus I, hasil belajar meningkat dari presentase ketuntasan 52% menjadi 67,74% pada penilaian sikap dan 58% pada penilaian keterampilan. Pada Siklus II, hasil belajar meningkat dari presentase ketuntasan 58% menjadi 77,42% pada penilaian keterampilan dan meningkat dari 67,74 menjadi 74,2 % pada penilaian sikap. Pada Siklus III, hasil belajar meningkat dari presentase ketuntasan 77,42% menjadi 87,1% pada penilaian keterampilan dan meningkat dari 74,2% menjadi 96,77% pada penilaian sikap. Penerapan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut.