PERSEPSI SISWA MENGENAI PEMBELAJARAN PDTM DALAM MASA PANDEMI COVID-19 KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 5 PADANG
Abstract
Dunia pendidikan sekarang ini sedang mengalami keterpurukan yang disebabkan oleh pembelajaran yang dilakukan secara daring atau dalam jaringan karna pandemi Covid-19. Banyak siswa yang mengeluhkan atau tidak paham terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Salah satu permasalahan yang dialami yaitu pada mata pelajaran PDTM. Masalah dalam penelitian ini adalah tentang persepsi siswa mengenai pembelajaran PDTM dalam masa pendemi Covid-19 kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Padang, sehingga perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana persepsi siswa mengenai pembelajaran PDTM dalam masa pendemic covid-19 kelas X Teknik Pemesinan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi siswa pada pembelajaran PDTM. Penelitian ini didasari observasi peneliti pada masa pandemi Covid-19 untuk mencari tahu persepsi siswa pada pelajaran tersebut. Penelitian ini termasuk metoda deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner (angket penelitian). Penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Padang menggunakan teknik Porpuse Sampling pada kelas X TPM. Hasil penelitian diperoleh Pada variable persepsi didapatkan nilai persentase dari hasil data angket dengan sampel sebanyak 67 responden 19 item pernyataan dengan skor 1-5, capaian responden didapatkan nilai sebesar 74%. Persepsi siswa mengenai pembelajaran PDTM dalam masa pandemi covid-19 dapat dikategorikan Cukup dengan melihat hasil persentase dari capaian responden yang di dapat melalui angket.
References
Depdikbud. (2003). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6.
Hasbi, H. (2019). Kontribusi Pengalaman Prakerin Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Program Studi Keahlian Teknik Bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 1(1).
Indrawan, Eko, Saputra, E. K., Erizon, N., & Jasman. (2021). Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. Vomek, 3(1), 45–51.
Indrawan, Eko., Andrianto, J., Helmi, Nofri., & Purwantono. (2020). Pengaruh Kondisi Ruang Kelas Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PDTM di SMK Negeri 5 Padang. Vomek, 2(4), 147–151.
Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Pratama, B. E., Yufrizal, A., Mulianti, M., &, & Waskito. (2020). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar pada Mata Diklat Gambar Teknik Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Pariaman. Vomek, 2(4), 1–7.
Putri, N. M., K, Arwizet., & Dkk. (2021). Persepsi Siswa terhadap Penerapan Metode Blended Learning pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin di SMK Negeri 5 Padang. Vomek, 3(4), 1–5.
Robbins, S.P., Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi. Salemba empat.
Rodiah Elfianti, Jasman, Purwantono, B. S. (2021). Persepsi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X di Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang. Vomek, 3(4), 13–18.
Saifuddin, M. F. (2018). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Jurnal Varidika, 29(2), 102–109.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.
Sudira. (2016). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMK Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Sudjana, N & Rivai, A. (2002). Media Pengajaran. CV Sinar Baru.
Sugiyono. (2003). Pedoman Penelitian Bahasa Lisan: Fonetik. Pusat Bahasa.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Syahri, Budi, Brawira, Irfan Adima, A. (2021). Persepsi Siswa Tehadap Smk Sebelum dan Sedang Dalam Proses Pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Vomek, 3(2), 96–104.
Vokasi, D. P. (2020). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Tahun 2020-2024. Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, 1.
waskito, dkk. (2016). Konstribusi Minat Kerja dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. Vomek.
Werdayanti, A. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Dinamika Pendidikan, 3(1), 78–92.
Yori Okta Virdian. (2006). PERSEPSI SISWA TENTANG MATA PELAJARAN KERJA BANGKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 PADANG. Universitas Negeri Padang.