PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT
Abstract
Pembelajaran konvensional yang dilaksanakan pada pembelajaran tatap muka dirasa kurang efektif karena banyaknya siswa yang tidak berinteraksi pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu melihat dampak dari implementasi belajar student facilitator and explaining atas nilai prestasi siswa. Student facilitator and explaining membuat peserta didik menjadi penyedia, mendeskripsikan dan menyampaikan rangkuman yang dipahami siswa lain dalam bentuk peta konseptual. Dalam penelitian ini menggunakan metode adalah quasy exsperiment yang bertujuan melihat adanya dampak dari Student facilitator and explaining atas prestasi belajar siswa dengan mata diklat DPTM kelas 10 TP di SMK N 1 Sumatera Barat dengan populasi sebanyak 144 orang. Teknik purposive sampling ialah pemilihan sampel dengan sengaja peneliti memilih yang cocok dengan tujuan penelitian dengan sampel berjumlah 72 siswa. Uji hipotesis, didapat bahwa nilai > 2,638 > 1,9994 dengan taraf signifikan 5 %. Oleh karna itu rumusan Ha disetujui dan Ho tidak disetujui maka terdapat dampak hasil belajar yang substansial dimana aplikasi pengajaran Student Facilitator and Explaining atas model pengajara konvesional. Data yang didapatkan setelah dilakukan analisis terhadap dampak pelaksanaan pengajaran Student Facilitator and Explaining sebesar 3,8 %, artinya persentase antara hasil belajar menggunakan pengajaran Student Facilitator and Explaining dan memakai model pengajaran konvesional mempunyai nilai yang signifikan.
References
Abdur Rahman Zain, J. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (Sfae) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standart Kompetensi Menafsikan Gambar Teknik Listrik Smkn 2 Pamekasan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1.
Ambiyar. (2019). Kontribusi Kreativitas dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin pada Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. 515–524.
Bayuaji, P., Hikmawati, H., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (Sfae) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 12(1), 15–18.
https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.328
Bulkia, R., Suparno, Erizon., N., & Syahri, B. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Matakuliah Teknologi Proses Fabrikasi Development of Cooperative Model of Jigsaw Type Model Learning in. Vomek, 1(2), 49–54.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Motivasi1.Pdf. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar, 12(1), 90–96.
Indrawan, R, Yuniawati, P. (2014). Metode Penelitian. PT. Refita Aditama.
Jalinus, N. (2020). Implementasi pembelajaran project based learning untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar produk kreativitas kewirausahaan siswa kelas xi smk negeri 1 bukittinggi implementation of project based learning model to improve activites , and learning out. 2(2), 48–55.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Munandar, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Sumatera Barat. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1), 2106–2112. https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9929
Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Nurrita, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswA. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Ridho Agustian, Remon Lapisa, D. F. (n.d.). Penerapan Cooprative Leraning Type Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Bahan Bakar Pada Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Sumbar.
Rohman, M. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Sfae) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Di Smk Dharma Siswa 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 6(01), 251090.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Suyatno, Irzal, Jasman, P. (2020). Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Mengajar Dan Sikap Siswa Pada Tata Tertib Sekolah Terhadap Hasil Belajar Teknik Student Perception of Teacher Teaching Skills and Student Attitudes in School Rules on School Learning Outcomes in Basic Welding Techn. Vomek, 2(1).
Widya, A. D. I., Pendidikan, J., & Volume, D. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. April, 29–39.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191.
Yufrizal, A. (2019). Pengaruh Media Simulator Cnc 2 Axis Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Cnc Dasar Siswa Di Smk Negeri 5 Padang the Influence of the Media Simulator Cnc 2 Axis Against the Results of the Study Eye Basic Cnc Training Students in Smk Negeri 5 Padang. 1(1), 15–19.
Yuli Sectio Rini. (2013). Pendidikan: Hakekat, Tujuan, Dan Proses. Jurusan Pendidikan Seni Tari. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150
Zahara, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator AND EXPLAINING ( SFAE ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KAWAY XVI. 5(2), 109–118.