PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) KELAS X TPM
Abstract
Munculnya wabah Corona Virus Disease (Covid-19) yang mewabah secara global pada area geografis yang luas atau pandemi menyebabkan munculnya perubahan dalam proses pembelajaran disekolah. Perubahan ini terlihat dari proses pembelajaran yang berlangsung secara daring atau online. Pembelajaran yang dilaksanakan secara online memang dapat dijadikan alternatif pembelajaran di sekolah, namun ada hambatan dalam pemeblajaran daring. Hambatan dalam pelaksanaan proses pembelajaran berbasis daring banyak ditemukan. Upaya untuk mengatasi permasalahan dalam mengahapi pembelajaran daring yaitu dengan dilakukannya pengukuran terhadap persepsi peserta didik selama pembelajaran secara daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu melihat tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran online atau daring di kelas X SMKN 5nPadang. Jenisspenelitian iniiadalah penelitianmdeskriptif yang dilakukan pada bulan April-Juni 2021 dimSMKNn5nPadang. Penelitiannini adalahhpenelitian populasi dimana sampel berjumlah 54 orang peserta didik. Penelitian ini menggunkan instrumen berupa angket persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan secara teknis pembelajaran daring memiliki kategori cukup (70,48%), Proses pembelajaran daring 68,38% dengan kategori cukup, dan dukugan pembelajaran daring (74,26%) kategori baik, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan metode daring sudah dapat menunjang proses pembelajaran selama pandemi namun beberapa siswa terkendala dalam menggunakan smartphone yang bukan milik pribadi yaitu menggunakan milik orang tua atau saudara. Hal ini menyebabkan secara teknis dapat mengganggu konsentrasi dalam proses pembelajaran.
References
Adijaya, N. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online* *Pengembangan teori dari penelitian berjudul “persepsi mahasiswa terhadap materi ajar pada pembelajaran online” yang telah dipublikasi di Jurnal Eduscience Vol. 3/1. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(2), 105–110. https://doi.org/10.31294/w.v10i2.3931
Arifin, H. S., Fuady, I., & Kuswarno, E. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa terhadap Keberadaan Perda Syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komonikasi Dan Opini Publik, 21(1), 88–101.
Belawati. (2019). Pembelajaran Online.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Díaz, F. (2021). New normal. In Arq (Vol. 2021, Issue 107). https://doi.org/10.4067/S0717-69962021000100010
Heriyani. (2010). Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Iv Mi Ma ’ Arif Banjarparakan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas Skripsi. 1–98. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/473/
Jamal S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Di Smk Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Nalar Pendidikan, 8 (1), 16–22.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44
Mahadiraja, D., & Syamsuarnis. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T.P 2019/2020 di SMK Negeri 1 Pariaman. Jtev (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional) , 06(01), 77–82. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index
Mujib, I. H. Al. (2020). Jurnal nomosleca. Jurnal Nomosleca, 6(April), 68–76.
Mulyani, K., Sumarmin, R., Ahda, Y., Alberida, H., & Razak, A. (2021). Analysis of the Relationship of Multiple Intelligences and Learning Interests with Biology Learning Outcomes. 7(4). https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i4.774
Munirah. (2018). The Role of Teachers in Overcoming Students’ Learning Diffculties. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 1–18. https://media.neliti.com/media/publications/288620-peranan-guru-dalam-mengatasi-kesulitan-b-09383bee.pdf
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Penjasorkes, P., Smk, D. I., & Tahun, S. S. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013. E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(4), 1729–1736. https://doi.org/10.15294/active.v4i4.4855
Purniawan, & Sumarni, W. (2020). Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 784–789.
Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77
Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., & Purwandari, E. (2021). Efek Metode Pembelajaran Daring (Pembelajaran Jarak Jauh) Akibat Covid-19: Perspektif Pelajar dan Mahasiswa. Proyeksi, 16(1), 83–91.
Taradisa, N., Jarmita, N., & Emalfida, E. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daringpada Masa Pandemi Covid-19 Di Min 5 Banda Aceh. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(02), 141–154.
Velavan, T. P., & Meyer, C. G. (2020). The COVID-19 epidemic. Tropical Medicine and International Health, 25(3), 278–280. https://doi.org/10.1111/tmi.13383
Widya, J. H. (2016). 44 Jurnal Hanata Widya, Vol. 5 No. 7 Tahun 2016. 5(7), 44–52.
Zhi, E., Lin, F., & Lin, C. H. (2015). the Effect of Teacher-Student Interaction on Students’ Learning Achievement in Online Tutoring Environment. International Journal of Technical Research and Applications, 22(22), 19–22. www.ijtra.com