KONTRIBUSI HASIL BELAJAR TEORI TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTIK MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT DI SMK 1 SUMATERA BARAT

  • Arif Rachman Hakim Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal A Universitas Negeri Padang
  • Jasman Jasman Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Pendidikan, Kontribusi, Teori, Praktek, Mesin Bubut.

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh siswa SMK adalah hasil belajar siswa yang kerap dibawah KKM. Ini tercipta karena tengah adanya siswa yang kurang disiplin dalam proses belajar. Contohnya adalah pada saat belajar teori dan praktek pada mata materi Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Upaya memperkuat kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan. Tujuan utama Pendidikan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa salah satunya adalah siswa SMK. Untuk itu perlu adanya kontribusi antara kemampuan teori dan prkatek siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kontribusi hasil belajar teori mata pelajaran teknik pemesinan bubut terhadap kemampuan praktik bubut pada kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Metode Penelitian menggunakan penelitian korelasi, karena didalam penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan sebab-akibat variabel bebas dan variabel terikat yang tidak diubah-ubah atau diberi perlakuan. Penelitian ini dilakukan dengan populasi sebanyak 48 orang siswa dan sampel 48 orang. Untuk menentukan persentasi kontribusi dilakukan analisis menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini terkandung Kontribusi antara hasil belajar teori mengenai kemampuan praktik bubut pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Melalui analisis membuktikan korelasi (r) diperoleh sebesar 0,044 yang berarti < 0.05. Besar Kontribusi antara antara hasil belajar teori terhadap kemampuan praktek kerja bubut siswa pada kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat sebesar 8,6% ada faktor lain yang mempengaruhi terhadap kemampuan praktik kerja bubut.

References

Astowo, D. W., & Setuju. (2016). Hubungan Antara Pemahaman Gambar Kerja Dan Hasil Belajar Teori Teknik Pemesinan Bubut Dengan Hasil Belajar Praktik Teknik Pemesinan Bubut Siswa Kelas Xi Smk Muhammadiyah Prambanan Tahun

Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 4(2), 177–189.

Bayuseno, A. P. (2010). Mulai Studi Pustaka Menganalisa keausan pada pahat mesin bubut. PP, 38–41.

Fadhli Almi; Nelvi Erizon; Abdul Aziz; Jasman. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Las Dasar Listrik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Di Kelas X Smk Dhuafa Padang. Vomek, 2(1).

Fahmi, I., Wardaya, W., & Purnawan, P. (2016). Kontribusi Hasil Uji Kompetensi Teori Kejuruan Terhadap Hasil Uji Kompetensi Praktik Kejuruan Bidang Kompetensi Teknik Pemesinan Pesawat Udara Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 84. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3740

Fatriyanto. (2010). Pengaruh Hasil Belajar Pkwu, Lingkungan Keluarga, Dan Soft Skill Siswa Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Di Sma Negeri 13 Kota Jambi. Pp, 1(2), 537–547. doi: 10.38035/JMPIS.

Indrawan, R, Yuniawati, P. (2014). Metode Penelitian. PT. Refita Aditama.

Irwandi, H., Mulianti, Yufrizal, & Hasanuddin. (2020). Pengaruh Motivasi Siswa dan Fasilitas Menggambar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat Gambar Teknik SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Vokasi Mekanika, 2(1).

Irzal, & Muhammad Riko, S. (2020). Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Gambar Teknik Siswa Kelas X Di Smkn 1 Padang Self-Conceptualized With The Result Of Learning Drawing Techniques In Grade X Students At Smkn 1 Padang Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknik , Universitas. Vomek, 2(1), 97–103.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Putra, R. F., Syahril, A, Y., & Arafat, A. (2020). Pengembangan Panduan Penggunaan Mastercam pada Mata Pelajaran NC/CNC dan CAM. Vomek, 2(1), 46–52.

Rahim, B. (2013). Kontribusi Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 2 Solok. 7.

Ratnata, I. W. (2012). Konsep Pemikiran Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi untuk Menghadapi Tuntutan Dunia Kerja. In APREKINDO.

Setiana, Y. H., Siregar, S., & Haryadi, H. (2016). Kontribusi Hasil Ujian Teori Terhadap Hasil Ujian Praktik Pada Uji Kompetensi Keahlian Siswa Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(2), 307. https://doi.org/10.17509/jmee.v2i2.1494

Suharsimi Arikunto. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Utari, R. (2016). Kontribusi motivasi belajar dan kebiasaan belajar siswa kelas 1 teknik audio video terhadap hasil belajar pada mata diklat pkdle di smk n 1 padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 108–114.

Yufrizal, A. (2013). PenerapanModel Pembelajaran Think-Pair-Share Untuk meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Mata Kuliah Pemograman CNC. Pakar Pendidikan. Pusat Pengembangan Ilmiah Dan Penelitian Mahasiswa : Universitas Negeri Padang, 11(1), 1-104.

Yufrizal, Indrawan, E., Helmi, N., Aziz, A., & Putra, Y. A. (2019). Pengaruh Sudut Potong dan Kecepatan Putaran Spindel Terhadap Kekasaran Permukaan pada Proses Bubut Mild Steel ST 37. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 29–36. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.582

Submitted

2021-08-25
Accepted
2021-10-05
Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
A. Hakim, Y. A, J. Jasman, and Z. Abadi, “KONTRIBUSI HASIL BELAJAR TEORI TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTIK MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT DI SMK 1 SUMATERA BARAT”, Vomek, vol. 4, no. 1, pp. 26-31, Feb. 2022.