EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 1 BATIPUH

  • Robby Mulya Universitas Negeri Padang
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
  • Refdinal Refdinal Universitas Negeri Padang
  • Remon Lapisa Universitas Negeri Padang
Keywords: Efektivitas, Google Clasroom, SMK Negeri 1 Batipuh, Gambar Teknik Mesin

Abstract

Hasil observas diskusi bersama guru mata diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Batipuh, Pembelajaran di masa pandemi covid-19 dilaksanakan dengan cara daring menggunakan media google classroom. Pada mata diklat Gambar Teknik yang dilaksanakan melalui sistem daring menggunakan media google classroom, penggunaan google classroom tentunya  memiliki kekurangan dan kelebihan dalam pelaksanaanya, adapun kekurangan yang dirasakan siswa keterbatasan pemahaman siswa dalam penggunaan media google classroom, kurangnnya kontrol dan motivasi belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dan kendala jaringan yang tidak memadai disetiap daerah tempat tinggal siswa. Kendala yang dirasakan oleh guru mata pelajaran Gambar Teknik dalam proses pembelajaran jarak jauh diantaranya, materi yang tidak dapat disajikan secara detail dikarenakan keterbatasan waktu pembelajaran daring. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan penggunaan media google classroom untuk mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Batipuh. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini membandingkan hasil nilai pretes dengna posttes siswa dan penyebaran angket kusioner kepada siswa. Metode pengumpulan data menggunankan tes dan angket. Tes dan angket sebelum diujikan terlebih dahulu diuji cobakan kepada siswa pernah mendapatkan perlakuan yang sama yaitu kelas XI TP setelah itu baru di ujikan ke kelas X TP. Hasil dari pengujian N-Gain tes siswa didapatkan skor N-Gain sebesar 0,389 kategori sedang, dan hasil uji angket mendapatkan persentase 78,9% dapat ditarik kesimpulan bahwasanya pembelajaran menggunakan media google classroom cukup efekktif digunakan pada matapelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Batipuh.

References

Al muchtar, s. (2015). dasar penelitian kualitatif. Gelar Pustaka Mndiri.

Almi, F., Erizon, N., Aziz, A., & Teknik Mesin, J. (n.d.). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Las Dasar Listrik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Di Kelas X Smk Dhuafa Padang Efforts To Improve The Outcome Of Basic Electrical Welding Learning By Applying Student Facilitator And Explaining Model In Class X Smk Dhuafa Padang.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Jasman dkk. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Lapangan Kependidikan (PPLK) pada Mata DiklataGambar Teknik di SMK Negeria5 Padang.

K.Y.S. Putri, W. H. (2020). Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Ilmu Komunikai Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 24–35. https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.639

Aris Indro.(2020). Keefektifan Penggunaan Platform Google Classroom Dan Schoology Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X Multimedia Smk Negeri 1 Kebumen Skripsi. (2020).

Mardhiah, A., & Ali Akbar, S. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49. https://doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173

Napsawati. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Fisika Dengan Metode Daring Di Tengah Wabah Covid-19. 3, 6–12.

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211

Nugraha, H., & Ambiyar, A. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.295

Nurcahya, R. (n.d.). Efektifitas Penggunaan Google Classroom Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di Smk Pekerjaan Umum Skripsi. Univeritas Pendidikan Indonesia.

Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi perbandingan kemampuan potensi akademik aritmatika mahasiswa yang berasal dari smk dengan sma pada jurusan teknik mesin ft unp. 16–17.

Ridwan, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Kuliah Media Pendidikan Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang Student’s Perception Of Media Use E-Learning In The Course Education Media Mechanical Engineering Padang State University (Vol. 2, Issue 4).

Rinja Efendi, S.Pd.I., M.Pd, Asih Ria Ningsih, S.S., M. H. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Cv.Penerbit Qiara Media. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=nqgJEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pendidikan+adalah+usaha+sengaja&ots=68MTxBiaA4&sig=XxxghKZNqlF0s_K1uQfvNvz1M7U&redir_esc=y#v=onepage&q=pendidikan adalah usaha sengaja&f=false

Rodiah Elfianti, Jasman, Purwantono, B. S. (2021). Persepsi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X di Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang. Vomek, 3(4), 13–18.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (n.d.). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun (Vol. 8).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. ALfabeta. https://massugiyantojambi.wordpress.com/2011/04/15/teori-motivasi/

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. 13.

wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif.

Submitted

2021-08-26
Accepted
2021-10-05
Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
R. Mulya, P. Primawati, R. Refdinal, and R. Lapisa, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 1 BATIPUH”, Vomek, vol. 4, no. 1, pp. 6-12, Feb. 2022.