SIMULASI DAN ANALISIS KEKUATAN PEMBEBANAN FRAME PADA PERANCANGAN MESIN PRESS BEARING MANUAL HYDRAULIC JACK MENGGUNAKAN AUTODESK INVENTOR

  • Al Afif Attorik Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Delima Yanti Sari Universitas Negeri Padang
  • Bulkia Rahim Universitas Negeri Padang
Keywords: Mesin Press, Struktur Rangka, Autodesk Inventor 2021, Analisis Elemen Hingga, Analisis Tegangan.

Abstract

Mesin press merupakan suatu mesin yang beoperasi untuk menghasilkan tekanan tinggi pada suatu objek. Sumber tenaga dapat berasal dari mesin hidrolik, tenaga manusia, motor listrik dan hal lainya. Penelitian ini diangkat dari masalah yang terjadi pada frame atau rangka mesin press bearing hidrolik manual yang mengalami bending yang cukup parah pada bagian rangka atas (head support) yang dapat merusak kerangka mesin dan adanya beban (force) yang belum diketahui yang diterima oleh frame mesin press sehingga frame tersebut mengalami bending. Maka dilakukan perancangan ulang dalam bentuk desain gambar yang bisa dianalisis kekuatan dan tegangan yang terjadi pada frame tersebut yang memungkinkan peneliti bisa mengetahui nilai beban yang aman dipakai untuk frame tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan nilai dari tegangan yang terjadi pada frame dan nilai keamanan yang diperoleh dari hasil perancangan struktur rangka mesin press berupa gambar teknik dan analisa kekuatan struktur. Penelitian ini dibatasi dengan pemuatan 20 Ton. Penelitian ini mengkaji desain, simulasi dan analisis tegangan struktur rangka mesin press bearing hidrolik manual kapasitas 20 Ton dengan menggunakan metode elemen hingga atau bisa dikatan juga seagai Finite Element Analisis (FEA). Material yang digunakan adalah Stell Mild. Analisis elemen hingga dilaksanakan dengan sistem numerik menggunakan peragkat lunak Autodesk Inventor Professional 2021. Hasil dari simulasi dan jug analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa struktur rangka mesin press bearing memiliki tegangan, deformasi, massa, dan faktor keamanan sebesar 0,7854 MPa, 0,002533 mm, 75.362 kg, dan 15.

 

References

Ari, L., & Wibawa, N. (2019a). Desain Dan Analisis Kekuatan Rangka Meja Kerja ( Workbench ) Balai Lapan Garut Menggunakan Lasinta Ari Nendra Wibawa. 3(1), 13–17.

Ari, L., & Wibawa, N. (2019b). Kekuatan Rangka Main Landing Gear Untuk Pesawat UAV. V(1), 46–50.

Ari, L., & Wibawa, N. (2019c). Pengaruh Pemilihan Material Terhadap Kekuatan Rangka Main Landing Gear Untuk Pesawat Uav Effect Of Material Selection On The Strength Of The Main. 2(1).

Ari, L., & Wibawa, N. (2021). Simulasi Kekuatan Komponen Sarana Pengujian Roket Menggunakan Autodesk Inventor Professional 2017 (Issue February 2018).

Bargess, M. F., Lesmana, C., Tallar, R. Y., Sipil, J. T., Maranatha, U. K., Prof, J., Suria, D., & Mph, S. (2000). Dengan Metode Elemen Hingga.

Harling, V. N. Van, & Apasi, H. (2018). Perancangan Poros Dan Bearing Pada Mesin Perajang Singkong. 2.

Iik Hikmatul Akbar, Yudi Samanthan, E. K. (n.d.). Proses Pembuatan Press Hidrolik Kapasitas Maksimal 15 Ton. Teknik Mesin Universitas Majalengka, 1, 5.

Indah, N., Baehaqi, M., Mesin, S. T., Teknik, F., Mercu, U., & Jakarta, B. (2017). Desain dan Perancangan Alat Pengepres Geram Sampah Mesin Perkakas 1,2. 06(1), 13–20.

Manufaktur, K. D. A. N. (2018). Tugas Sarjana Konstruksi Dan Manufaktur.

Rachman, A., Hartono, B., Yuliaji, D., Studi, P., Mesin, T., Teknik, F., Ibn, U., & Bogor, K. (n.d.). Analisa Getaran Pada Bearing Berbasis Kerusakan Bearing

Rober D, C. (n.d.). Konsep Dan Aplikasi Metode Elemen Hingga.

Roswandi, I., Kawasan, G., Serpong, P., & Selatan, T. (2020). Analisis Beban Pada Hook Pembalik Produk Aeet Dengan Software Solidwork 2018 17, 10–18.

Sarif, L. (2018). Perancangan dan Desain Alat Press Hidrolik Kapasitas Maksimal 10 Ton. ENTHALPY-Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin Perancangan, 3(4).

Stiadi, Y., & License, A. (2019). Inhibisi Korosi Baja Ringan Menggunakan Bahan Alami Dalam Medium Asam Klorida: Review Yeni Stiadi * , Syukri Arief, Hermansyah Aziz, Mai Efdi, Emriadi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Andalas. 51–65.

Susilo, J. (n.d.). Simulasi Penggunaan Fins Undership Terhadap Tahanan Dan Gaya Dorong Kapal Dengan Metode Analisa CFD.

Uji, B., & Antariksa, P. (2019). Pengaruh Diameter Baut Terhadap Kekuatan Rangka Main Landing Gear Pesawat Uav Menggunakan Metode Elemen Hingga. 17, 26–32.

Uji, B., Antariksa, P., Penerbangan, L., & Lapan, N. (2018). Pengaruh Kecepatan Landing Vertikal Terhadap Menggunakan Metode Elemen Hingga. 35–42.

Wibawa, lasinta ari nendra. (n.d.). Simulasi Kekuatan Komponen Sarana Pengujian Roket Menggunakan Autodesk Inventor Provesional 2017.

Wunda, S., Johannes, A. Z., Pingak, R. K., Ahab, A. S., Fisika, P., Sains, F., & Cendana, U. N. (2019). Analisis Tegangan , Regangan Dan Deformasi Crane Hook Dari Material Baja Aisi 1045 Dan Baja St 37 Menggunakan Software Elmer. 4(2).

Yusup, S. M., Yunus, R. M., & Samantha, Y. (2015). Perancangan Alat Press Hidroulik Kapasitas Maksimal 15 Ton. Jurnal Teknik Mesin, 3(1), 15–18.

Submitted

2021-09-06
Accepted
2021-10-15
Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
A. Attorik, A. Ambiyar, D. Sari, and B. Rahim, “SIMULASI DAN ANALISIS KEKUATAN PEMBEBANAN FRAME PADA PERANCANGAN MESIN PRESS BEARING MANUAL HYDRAULIC JACK MENGGUNAKAN AUTODESK INVENTOR”, Vomek, vol. 4, no. 1, pp. 19-25, Feb. 2022.