HUBUNGAN PENGUASAAN KOGNITIF SISWA MATA DIKLAT TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR DENGAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR MENGGUNAKAN AUTOCAD
Abstract
Teknik Gambar Manufaktur merupakan pembelajaran yang sejalan antara teori dengan praktik. Sebelumnya pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka, namun karena kondisi pandemi yang mengharuskan sistem pembelajaran dipisah antara pembelajaran teori dilaksanakan secara daring dan praktik dilaksanakan secara tatap muka. Hal tersebut memberikan dampak bagi penguasaan kognitif siswa, karena beberapa materi memang tidak bisa tersampaikan secara maksimal melalui daring dan belum tentu semua siswa akan belajar secara mandiri di rumah. Kemampuan siswa dalam praktik pada dasarnya tidak lepas dari penguasaan siswa terhadap ilmu dasar dalam menggambar teknik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui seberapa besar hubungan penguasaan kognitif siswa pada mata diklat Teknik Gambar Manufaktur terhadap kemampuan praktik menggambar menggunakan AutoCAD. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto karena bertujuan untuk meneliti peristiwa yang sudah terjadi tanpa mengubah variabel maupun sampel penelitian, dengan tujuan menentukan apakah variasi pada variabel independent menyebabkan terjadinya variasi pada variabel dependen. Populasi sebanyak 150 siswa, dengan teknik Poportional Rndom Sampling maka diperoleh 60 sampel dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25. Hasil uji korelasi pada tahun ajaran 2019 dengan nilai r hitung sebesar 0,735, dengan nilai signifikan sebesar 0,000 pada taraf 5%, nilai r hitung sebesar 0,595 pada tahun 2020 dengan nilai signifikan 0,007 dan r hitung pada tahun 2021 sebesar 0,476 serta nilai signifikan 0,04. Hasil dari uji korelasi, maka dapat ditarik kesimpulan antara penguasaan kognitif siswa mata diklat Teknik Gambar Manufaktur dengan kemampuan praktik AutoCAD memiliki hubungan yang positif dan signifikan.
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University. March, 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gagne, R. M. (1977). The Condition of Learning. USA: Rinehart and Winston.
Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers during the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 75–94.
Indrawan, E., & Rifelino, R. (2013). Peningkatan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Penggunaan Multimedia Dalam Mata Kuliah Metrologi Industri. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2016). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung : Refika Aditama.
Jalinus, N., & Sudirman, W. (2018). Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Produktif Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Smk Negeri 2 Sawahlunto. 1(1), 1–7.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurul, Z. (2009). Metodologi penelitian sosial dan pendidikan. Malang: PT. Bumi Aksara.
Oktariansyah, F., Iriani, T., & Maulana, A. (2009). Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Hasil Belajar AutoCAD Kelas XI di SMKN 56 Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 8(2), 73–80.
Oktariansyah, F., Iriani, T., & Maulana, A. (2019). Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Hasil Belajar Autocad Kelas XI Di SMKN 56 Jakarta. Jurnal PenSil, 8(2), 73–80. https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i2.8455
Primawati, P.,, Ambiyar, A., &, Ramadhani, I. (2017). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar,siswa menggunakan ,metode talking stick. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(1), 73–80.
Rahmat, Zakir., Ambiyar., Erizon, N. (2016). Hubungan Kedisiplinan Belajar Dengan Hasil Belajar Dasar Kompetensi Kejuruan Siswa Smk Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(2).
Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–16.
Soehardi, S. (2003). Esensi Perilalu Organisasional. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Sarjanawiyata Taman siswa.
Soma, H. A. (2008). Mahir Menggunakan AutoCAD. PT Elex Media Komputindo.
Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.
Sugihartono, F. K., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press.
Yufrizal, A., Prasetya, F., Candra, Y. E., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., & Tawar, K. A. (2019). Pengaruh Media Simulator CNC 2 Axis Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat CNC Dasar Siswa Di SMK Negeri 5 Padang. 1(1), 15–19.