PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI SMK SEMEN PADANG

  • Khairul Andrivo UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Eko Indrawan Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Universitas Negeri Padang
  • Rodesri Mulyadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembelajaran, Daring, Google Classroom, Hasil Belajar, Teknik Pemesinan Bubut

Abstract

Observasi peneliti saat melakukan praktek lapangan kependidikan (PLP) di SMK Semen Padang pada Semester Juli-Desember 2020 dimasa pandemic covid-19, melalui wawancara dengan guru dan siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut kelas XI, menyatakan bahwa banyak peserta didik yang memiliki motivasi dan minat belajar yang kurang sehingga hasil belajar rendah terutama pada saat pembelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring menggunakan google classroom terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut kelas XI SMK Semen Padang. Pembelajaran Daring yaitu penerapan pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan akses terhadap pembelajaran yang bermutu. Penelitian dilaksanakan di SMK Semen Padang. Jenis penelitian ini merupakan pengujian kuantitatif dengan menggunakan prosedur Quasi Experimental Design. Prosedur pengujian purposive digunakan untuk memeriksa dalam ulasan ini, kelas eksperimen diterapkan pada Kelas XI TM 2 berjumlah 26 orang, diberikan pembelajaran yang berbeda dari biasanya yaitu pembelajaran memakai google classroom, pada kelas XI TM 3 sebagai kelas kontrol, diberikan pembelajaran memakai media power point. Dilihat dari nilai normal posttest kelas uji coba adalah 85,54 dan kelas kontrol adalah 77,12. Uji hipotesis dengan memakai uji-t pada taraf kepentingan 0,05 didapat Sig (2-tailet) sebesar 0,000 < Sig 0,05 yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat dikemukakan ada pengaruh pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar siswa Teknik Pemesinan Bubut siswa kelas XI SMK Semen Padang.

References

Abid, I., Rasyid, A., Aziz, A., Indrawan, E., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., Learning, P. B., Belajar, H., & Frais, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Teknik Frais Di Smk Negeri 1 Tanjung Raya Application Project Based Learning Learning Model T0 Improving The Learning Outcomes Of Class. 2(4), 154–158.

Atikah, C. (2021). Tahun 8, Nomor 1 Juli 2021. 1–16.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, N. (2015). Esensi Pengembangan. 131.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Firdaus, B. S. (2021). Analisis Regulasi Diri Dalam Belajar Terhadap Hasil Prestasi Belajar Gambar Teknik Siswa Di Smk Negeri 2 Pekanbaru Analysis Of Self-Regulated Learning On Student Learning Achievement Of Engineering Drawing Subject At Smk Negeri 2 Pekanbaru. Http://Vomek.Ppj.Ac.Id

Indrawan, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Cnc Kelas Xi Smk Negeri 2 Payakumbuh. 3(1), 45–51.

Iqbal, M., Syahri, B., & Abadi, Z. (2021). Kontribusi Kreativitas Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Di Kelas X Smk Contribution of Creativity in Online Learning To Student Learning Outcomes in Mechanical Engineering Drawing Subjects in Grade. Jurnal Vokasi Mekanika, 3(4), 68–74.

Maulana, F. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa. 3(2), 6.

Nelvi, S. (2021). Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Terapan Program Studi D3 Teknik Mesin Ft-Unp Overview of Students ’ Interest in Online Learning Courses Applied Physics Study Program D3 Mechanical Engineering Ft-Unp. 3(3), 15–21.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.

Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 61–65.

Proborin, Ellen; Herawati, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Skripsi, 5, 1–6.

Sanurdi, S., Syahril, Erizon, N., & Nabawi, R. A. (2020). Media Video Tutorial Pada Pembelajaran Mata Diklat Bubut Untuk Smk. Vomek, 2(4), 80–87.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuanntitatif, Kualitatif Dan R & D.

Suharsimi Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Rhineka & Cippta (eds.)).

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Trian Putra, M. A., Ambiyar, Hasanuddin, & Arwizet. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan, Keterampilan, Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 1 Batipuh. Vokasi Mekanika, 2(1).

Undang-Undang No 20 Tahun, & 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. 4(1), 147–173.

Yunita, H. (2021). Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( Tik ) Sebagai Media Penunjang Pembelajaran. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2).

Fornandes, B., Yufrizal, A., Prasetya, F., & Indrawan, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think 86 Vol.4, No.2, Mai 2022 Journal homepage: http://vomek.ppj.unp.ac.id Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Cnc Kelas Xi Smk Negeri 2 Payakumbuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(2), 10-16.

Pasaribu, M., Aziz, A., Indrawan, E., & Rahim, B. (2022). Hubungan Motlvasl Belajar Terhadap Hasil Belajar Media Pendidikan Program Studl Pendldlkan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unlversltas Negerl Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(2), 50-54

Putra, I. M., Refdinal, R., Indrawan, E., & Prasetya, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Vokasi Mekanika (Vomek), 3(1), 1

Submitted

2021-09-21
Accepted
2022-01-24
Published
2022-05-02
How to Cite
[1]
K. Andrivo, E. Indrawan, N. Erizon, and R. Mulyadi, “PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI SMK SEMEN PADANG”, Vomek, vol. 4, no. 2, pp. 75-80, May 2022.