HUBUNGAN MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN SISWA KELAS X SMK N 1 PADANG

  • Farid Permata Putra Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Universitas Negeri Padang
  • Jasman Jasman Universitas Negeri Padang
  • Delima Yanti Sari Universitas Negeri Padang
Keywords: Hubungan, Minat Membaca, Hasil Belajar, Dasar Perancangan Teknik Mesin, SMK N 1 Padang.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan hubungan minat membaca terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Padang. Pada Saat Observasi praktek lapangan kependidikan terlihat kurangnya partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya minat siswa dalam membaca buku, minimnya siswa yang berkunjung dan meminjam buku di perpustakaan, sarana dan pra sarana penunjang di sekolah sudah memadai. Dengan asumsi semakin positif minat membaca semakin tinggi hasil belajar siswa dan juga sebaliknya semakin negatif minat membaca akan semakin rendah hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat korelasional, serta teknik pengumpulan data berupa kuisioner dan dokumentasi. Jumlah sampel sebanyak 69 siswa. Teknik analisis data menggunakan sofware SPSS versi 26. Analisa dalam perhitungan data diperoleh koofesien r sebesar = 0,689 terlihat rhitung > rtabel atau 0,689 > 0,235. Artinya ada hubungan dua variabel yang berbentuk positif pada hubungan minat membaca terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Padang antara korelasi variabel bebas dan variabel terikat yaitu 0,474. Dapat dilihat kontribusi variabel minat membaca (X) dan hasil belajar (Y) adalah 47,47% dan sisanya 52,53% disebabkan dari pengaruh lain yang bukan menjadi fokus dari penelitian ini.

References

Alauddin, A. (2019). 10 Makassa. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Di SMK Ngeri 10 Makassa.

Arikunto, S. (2014). No Title. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi. (2018). Membaca Yuk! Strategi Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sejak Dini.

Di, P., Negeri, S. M. K., & Pendahuluan, I. (2020). BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK INTERESTED IN THE STUDY OF TECHNICAL BOOKS AND LEARNING ATTITUDES TOWARDS LEARNING OUTCOMES FOR STUDENTS IN THE SUBJECTS OF GRADE X TECHNIQUES OF ENGINEERING MACHINERY IN SMK NEGERI 2 SOLOK . . 1, 91–96.

Firdaus, T. (2012). Pembelajaran Aktif: Aspek, Teori dan Implementasi.

Ibda, H. (2020). Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut untuk Mahasiswa. Semarang. CV. Pilar Nusantara.

Iqbal, M. (2014). Hubungan Minat Baca dengan Hasil Belajar Mata Diklat Servis Engine Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Solok". Automotive Engineering Education Journals,.

Kasiyun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia,.

Komalasari, K., Maunah, B., & Pendidikan, L. (2011). Dapat ditarik kesimpulan dari pengertian diatas bahwa pendidikan pun tidak hanya dibutuhkan untuk memperluas wawasan anak didik saja, melainkan juga untuk mengembangkan sikap dan keterampilannya. Pintar 1. 1–10.

Marlina, C. dan M. (2017). Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 10 Pekanbaru. Pekbis Jurnal.

Mata, P., Produktif, P., & Smk, D. I. (2015). Hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar pada mata pelajaran produktif di smk. 2(1), 124–129.

Musafiri, M. R. Al. (2016). Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi. VII(2), 466–478.

NDalman. (2014). Keterampilan Membaca.

Noor, J. (2015). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Kencana Prenadamedia Group.

Pratama, Y. F., Refdinal, Syahri, B., & Andri, J. (n.d.). Hubungan Minat Baca Buku Teknik dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Teknik Permesinan di SMK Negeri 2 Solok". ". Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 91–96.

Putri, D. T. N., & Isnani, G. (n.d.). Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran". Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 118-124.

Riduwan. (n.d.). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. (Alfabeta. (ed.)).

Sabriyadi, Sumarna, N., & Permana. (2015). Hubungan Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif di SMK". Journal of Mechanical Engineering Education.

Sari, A. (2018). Pengaruh Minat Baca dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri Mojosari". JUPE, Metodologi Penelitian. 6(3), 362–366.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (PT. Remaja Rosdakarya (ed.)).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Alfabeta).

Sugiyono. (2017). No Title. 9(1), 33–47.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajarann di Sekolah Dasar (Kencana Prenadamedia Group (ed.)).

Tambunan, M. I. H. (2018). PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA SE-KOTA STABAT. 2, 109–115.

Tu, L., Wahyuni, S., Japa, I. G. N., & Rati, N. W. (2020). Correlation of Reading Interests and Learning Motivation Toward Science Learning Outcomes. 4(3), 484–495.

Xi, K., Pada, I. I. S., Pelajaran, M., Di, E., & Negeri, S. M. A. (2018). Pengaruh Minat Baca dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar ..., Volume 6 No 3 Tahun 2018 PENGARUH MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. 6(3), 362–366.

Submitted

2021-09-30
Accepted
2021-10-27
Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
F. Putra, N. Erizon, J. Jasman, and D. Sari, “HUBUNGAN MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN SISWA KELAS X SMK N 1 PADANG”, Vomek, vol. 4, no. 1, pp. 38-44, Feb. 2022.