EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI SISWA SMK NEGERI 1 BATIPUH

  • Rizki Vananda Universitas Negeri Padang
  • Remon Lapisa Universitas Negeri Padang
  • Abdul Aziz Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
Keywords: Efektifitas, Pelaksanaan, Praktek Kerja, Industri, SMK Negeri 1 Batipuh.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan memiliki peran dalam menyiapkan serta meningkatkan kualitas peserta didik dengan cara melaksanakan program Praktek Kerja Industri. Praktek kerja industri adalah salah satu sistim pembelajaran yang dilaksanakan diluar metode pembelajaran di sekolah dan diterapkan pada perusahaan/industry. tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektifitas pelaksanaan praktek kerja industri siswa SMK Negeri 1 Batipuh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan mengetahui efektifitas pelaksanaan praktek kerja industri siswa SMK Negeri 1 Batipuh. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Pemesinan, Guru pembimbing praktek kerja industri di SMK Negeri 1 Batipuh, dan dunia usaha/dunia industri tempat siswa melaksanakan praktek kerja industri dengan total sampel penelitian sebanyak 45 responden. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian yang dilakuakan dapat diketahui bahwa pelaksanaan praktek kerja industry siswa SMK Negeri 1 Batipuh dapat dikatakan efektif dikarenakan nilai rata-rata/mean tertinggi pada angket siswa terdapat di sub-variabel penilaiaan aktivitas prakerin sebesar 3,3, nilai terendah terdapat pada sub-variabel pelaksanaan yaitu 3,04, Pada angket guru pembimbing terdapat nilai mean tertinggi pada sub-variabel pelaksanaan prakerin sebesar 3,4, nilai terendah terdapat pada sub-variabel penilaian yaitu 2,7 sedangkan pada angket dunia usaha/dunia industri terdapat nilai mean pada sub-variabel pengawasan prakerin sebesar 3,4, nilai terendah terdapat pada sub-variabel perencanaan yaitu 2,9.

References

Arwizet, k. (2015). Pendidikan Kejuruan Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kualitas Human Capital. proceedingfptk.

Cipta., S. 2.-F. (2006). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Deddy Alindra, I. G. (2015). Kontribusi Pengalaman Prakerin Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Teknik Bangunan SMK N 2 Payakumbuh. CIVED, 695-702.

Depdiknas. (2003). UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Depdiknas. (2004). Pedoman merancang sumber belajar. Jakarta : Depdiknas.

Hidayat. (1986). Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Jubaedah, Y. 2. (2013, Maret 4). Implementasi Kurikulum SMK. Retrieved April 4, 2021, from id.scribd.com/doc/52168076

Mary, R. S. (2010). Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Nanik Sumarni, A. S. (2014). Hubungan Hambatan-Hambatan Yang Dihadapi Siswa Dalam Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Terhadap Hasil Belajar Praktik Kerja Industri di SMK Negeri 1 Padang. Pendidikan Teknik Elektro, 1-13.

Nizwardi, J. (2008). Penerapan Project Based Learning Berbasis Grasps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Mpmb Kelas XI SMK Semen Padang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 21.

Pasolon, H. (2010). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Remon Lapisa, I. Y. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Auto Cad. I N V O T E K, 119-126.

Saksono, P. B. (1984). Dalam Menuju SDM Berdaya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudira. (2009). Dalam buku Tantangan Guru SMK Abad 21. Jakarta: Direktorat Jenderal

Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana, N. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatf. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, H. (2008). Manajemen: Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardiman. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Depdikbud.

Waskito. (2019). Evaluasi Implementasi Program Praktek Kerja Industri (Prakerin) Pada Kelas XI Jurusan Teknika Kapal Penangkap Ikan di SMK Negeri 10 Padang. journal of multidicsiplinary research ang development, 777

Yufrizal, A. (2020). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri Se-Kota Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 31

Submitted

2021-09-28
Accepted
2021-10-08
Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
R. Vananda, R. Lapisa, A. Aziz, and P. Purwantono, “EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI SISWA SMK NEGERI 1 BATIPUH”, Vomek, vol. 4, no. 1, pp. 13-18, Feb. 2022.